Semarang

lebaran_semarangselain berkunjung untuk berlebaran bersama sanak sodara disemarang (halah bahasanya!) pastinya musti mampir beli olah oleh khas semarang! tak lain dan tak bukan ada bandeng presto, loenpia dan wingko!

untuk ngedapetin itu semuanya cukup ke jalan pandanaran semarang nah berderetlah itu mulai dari pedagang kaki lima sampai pertokoan yang asli rame bener di lebaran ini. mendadak semuanya menawarkan wingko dan loenpia serta bandeng presto. nah, menurut warga semarang yang asli nih, sekarang yang lagi kondang adalah bandeng juwana, durilunak. plus wingko dyriana. tokonya ada diujung jalan pandanaran, memang agk susah untu parkir. jadi musti ati ati. n sumpah mati ramenya berjubal jubal. bak antri loket kereta mudik! sebagian besar ibu ibu menenteng bandeng dan berebut wingko yang masih hangat menuju kasir.

oh ya untuk bandengnya ada bandeng duri lunak, bandeng vacuum, bandeng pepes duri lunak, sementara untuk wingkonya ada ras coklat, nangka, durian, aren, coklat chip, kelapa muda, dan campur bawur. sayang malem itu yang tersedia hanya rasa originak alias kelapa muda. ngga papa deh daripada ngga ada. dan emang masih enak banget rasanya empuk. soal harga? perbiji 1,8k sampai 2,5k. jangan tertipu dengan penjual wingko di pinggiran jalan yang ngakunya asli, dan baru, kadang kala mereka menjual dengan harga murah tapi cepet basi dan keras, emang jauh lebih murah sih harganya. dulu ada  merek yang kondang namanya lokomotif cuman sekarang mulai tergeser dengan wingko aneka rasa yang jauh lebih variatif.

nyari loenpia? persis didepan toko Dyriana ada gerobak dorong Loenpia mba Lien (ada fotonya tuh segede gede gaban gitu di spanduknya), iniluenpia yang paling terkenal dan enak. harganya 7k perbiji. emang mahal sih, cuman isinya, mulai dari rebung mpe daging n telur puyuh semuanya masuk! dibuat langsung disitu jadi fresh! kalo ngga mau langsung dimakan, mendingan beli yang masih basah dan digoreng sendiri dirumah dengan minyak yang baru. dijamin rasanya enak bener, jangan lupa pake cabe rawit dan saus kental khas loenpia semarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s