what community ‘r u?

di hari libur yang sumpah bikin melow ini, mulai dari tadi pagi cuaca dah ngedukung banget buat kegiatan, ujan, mendung, dingin dingin ngga penting gitu deh, (mungkin kalo ada pasangan jadi penting kali yah?) plus kerjaan yang mulai (menurut gua) nyante, semakin klop dengan kesendirian gua berteman mekbuk dan internet. (bersyukur sekali lagi gua bisa ngedengerin hardrock atau iradio atau cosmopolitan and the gang lah secara online, mayaaannn obat kangen)

iseng iseng dong gua meng-urut urutkan…yang sedang hip on and off it’s a social networking di internet. berikut yang gua ikutin dan sepertinya lagi naek daun bak ulet bulu, hit di website ini cukup tinggi.

social

Dimulai dari FS atau yang lebih dikenal sebagai Friendster. kondang markondang top markotop dari dulu hingga sekarang, mulai dari yang ngasih foto asli sampe palsu, mulai dari foto ama temen, pacar, binatang piaraan, segala macemnya, sampai ada penelitian dadakan apa arti foto foto di FS. gokil emang layanan yang satu ini. berawal dari ide menjaring temen, dari satu temen, ketemen lainnya lagi, konek bak mata rantai.

bahkan situs ini mulai di banned di beberapa kumpeni (seperti ditempat gua) karena memang menyedot bandwith cukup lumayan. maklum ngebuka satu lembar profile dengan segambreng foto narcistnya dia dan temen temennya pastinya ngisep bandwith gila gilaan, apalagi buat fakir bandwith judulnya wassalam. jangan harap bisa ngeliat koleksi foto dengan cepat. layanannya semakin hari semakin padat, apalagi sekarang lebih localized, jadi kalo search biasanya emang sekitaran indonesia asia gitu.

berikutnya hi5. dulu nih layanan sempet (sekali lagi nurut kacamata gua) mau jadi hip. namun tetap kalah pamor ama FS. karena layanannya ngga jauh beda, nothing’ different. herannya, gua juga punya accountnya dan masih aktif! giling. gua sendiri bingung mau diapain nih account. mungkin pengikut setia hi5 masih banyak meskipun layanan dan feature yang diberikan nurut gua terlalu biasa banget.

Multiply. seiring berjalannya waktu, dibutuhin something different, not just sharing pictures, tought or ideas, tetapi lebih luas lagi. sharing music, dan videos! (yup…it’s you tube era!) everybody can be a star! terserah di data banknya mau upload segala macem music mulai dari dangdut sampai pop, mulai dari josh groban sampai a-rafiQ! dan mutiply pun melejit sebagai sebuah gudang MP3, sebuah surga bank lagu dan video. dan legal atau ilegal, multiply ini secara ngga sadar jadi sangat berguna banget, terutama buat music freak macam gua.

semakin maju sebuah pekembangan teknologi, dengan platform baru, dengan berbagai macam kemudahan website building berakar CSS, flash, dan banyak lagi…munculah facebook! nah layanan jejaring sosial yang terakhir ini lagi booming banget. karena berbagai aplikasi bisa masuk di personall profile, mulai dari funwall, youtube, imeem (streaming music), event, RSS, bahkan ada aplikasi yang bekerja sama dengan UNICEF! superb! sampai sekarang gua ngga ngerti gimana cara penggunaan aplikasi itu, mungkin karena gua terlalu males, just flow with the flow aja, gikut tren ajaaaaa…….pada intinya kalo gua ngeliat ini adalah pengembangan masa depan dari FS. sama aja sih masih seputar narcist, kecentilan, dan mencari sebuah komunitas atau pencarian jati diri. ada yang berusaha sebanyak mungkin ngumpulin temen ntah dikenal ntah sekedar nemu pas browsing biar keliatan kalo dia tuh emang kondang! halaaaahhh…..

nurut gua itu layanan yang lagi happening banget saat ini, di tahun 2007 ini. kita tunggu layanan jejaring sosial di tahun 2008. dengan semakin cepatnya internet teknologi, cepatnya RAM komputer, akan muncul seperti apa yah? mungkin basicnya sama tetapi pelayanannya akan ditambah, misalnya disamping profile fotonya selain bisa invite as a friend, atau kalo online bisa di kirimin pesen, nantinya bisa langsung di telpon atau sekedar video chat pake fasilitas skype! haaaah semakin menarik kan?

mungkin masih banyak layanan lainnya didunia belantara maya ini, ada joost, ada tagtag, dilihat dari basicnya dulu mungkin yah, ada yang base on dating, base on friendship, music, tergantung kesukaan masing masing, kembali ke pilihan pribadi, dan tujuan pribadi tentunya.

Leave a Reply

