bali holiday 1

hari pertama,

bali

cukup memusingkan ternyata kumpul bareng keluarga dan musti nurutin semua keinginan. well, mungkin inilah esensi sebuah keluarga kali yah. semuanya mau menang sendiri semuanya minta dituruti keknya musti ada jalan tengah dan musti ada yang mengalah. hhhmmmhh. pulau penyu, dari berbagai macem informasi dan dari berbagai macam sumber katanya sih keren. tempatnya lumayan jauh sih, kalo ngga pake mobil lumayan gempor. deket di tanjung benoa. pikiran kta udah napsu bakalan naek kapal, nyilem nyilem, atau sekedar maenan air di pantai sama penyu. hasilnya? salah besar! penangkaran penyu hanyalah sebuah bilik atau sekedar kotakan kecil, ngga ada pengunjung, dah gitu penyunya juga basa basi! sangat tidah terawat dan sangat tidak menarik! bisa jadi karena diolah oleh pemerintah. mungkin kalo diolah ama private agent akan lebih seru. Yang bkin miris cuman satu, ada penyu yang cacat. alias cangkangnya penyok. kesian ngeliatnya, jadai dia ngga bisa berenang, alias miring miring gituh.

lanjut makan di baruna, enak, makanan laut gitu, cuman porsinya kecil! oh my god, hasilnya ya sama dengan mahal! karena otomatis kita akan pesen makanannya jadi banyak kan? aaarrrrggghhh…. bertempat di bypass bali. lumayan lah buat ngeganjel perut biar ngga kelaperan. asalkan bokap nyokap ngga komplain itu udah cukup.

menjelang sore ke GWK, tempat yang ngga pernah kelar ujung pangkalnya ini, yang konon akan menjadi sebuah icon di bali, yang selama ini buat party tahunan, memang sebuah mahakarya hebat. kebayang betapa batu batuan itu dipahat dipangkas dirapikan. padahal itu dulunya bukit batu! sebuah project kebanggaan yang tak kunjung usai.

bali4

nonton kecak, buat anak anak seperti keponakan gua yang ‘super ribet’ itu dijamin bakalan menjadi sebuah memory yang tak terlupakan. dulu waktu gua kecil juga diajak nonton kecak dan sampai sekarang gua masih inget betapa hebohnya, betapa ramenya tari kecak itu. dan hari ini tarian kecak kembali gua tonton di uluwatu. dan gua masih amaze! gua beneran bangga menjadi orang indonesia. dari sekian puluh mata yang menonton, semuanya berdecak kagum, akan tarian mahakarya sang hyang widhi ini. apalagi saat adegan hanoman dibakar pake api, totally dramatic! mungkin sih pake jampi jampi, soale itu api beneran di injek injek yang asli panas!
cuman satu yang bikin bete, kapasitas tempat duduknya yang sangat kecil (maklum, ini sebenere adalah pura, yang memang tidak dibuat untuk tontonan tari tarian. dan turis turis yang berdatangan ngga abis abisnya, sampai mereka gelosoran duduk dibawah. waktu taritarian hanya sekali dalm sehari, karena memang mengejar waktu sunset. jam 6 sore sampai jam 7 malam. alhasil, ngga sedikit yang musti ‘gelosoran’ demi menonton tarian kecak yang emang bikin kita berdecak kagum.

sayangnya hari pertama ini ditutup dengan kenangan yang menyebalkan! suasana bali yang ribet karena liburan panjang jadi biang keroknya. semua jalanan macet, semua rumah makan penuh! kita maksa pengen makan seafood di jimbaran, maklum, pengen ngajakin bonyok makan disana. at least ngeliatin, ini lho bekasnya bom jimbaran. ternyata sama sekali ngga ada bangku kosong, setelah perjalanan yang cukup ribet (karena ngga ngerti arah musti nanya nanya) plus macet dimana mana, semakin membuat bete kakak kakak gua, dan saling tuding salah salahan. dengan alih alih anaknya kelaperan lah, udah malem (emang dah malem sih jam 9 malem) gua jadi ikutan bete. akhirnya? cuman makan warung padang di sepanjang jalan bypass bali. aaaarrrrggghhh bener bener menyebalkan!

pelajaran moral hari pertama, persiapan matang, dan siap dengan segala macam kondisi liburan yang rame, ribet, macet (kebayang dari jakarta ketemu macet eh di bali ketemu lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s