mac vs pc

hari ini mendadak gua dapet email dari seorang temen nanyain “o bagus mana, mac or pc?“. gua tertegun bacanya (taela bahasa gua) trus kalimat selanjutya “gua seneng banget ama macbook item cuman kok yah harganya 15juta yah?, sementara gua kalo bli dell vostro bisa dapet dengan harga 7juta udah dengan spec yang sama“. gedubraks! gua bingung mau jawabnya. disatu sisi gua tau keuangan masing masing orang pasti beda, apalagi buat yang masih single macam gua dan dia yang sudah berkeluarga plus punya ‘buntut’ pasti akan mikir dua kali bahkan lima kali mungkin untuk bli Mac kalo keperluannya sedikit. cuman sekedar browsing dan upload foto (seperti gua ini) ya sayang kali yah.

macpc

kalo dibandingin dengan value secara kasat mata emang Mac ngga bisa dibandingin dengan PC. cuman kalo dilihat lebih dalam lagi jelas akan lebih murah mac. semuanya sudah terinstall dengan software resmi dari apple. ngga perlu lagi ngumpet ngumpet ama versi bajakan apalagi mikocok wah, segabrek versi plus resiko pcnya crash. (inget cerita gua dulu? mikocok opis ketahuan) dan bli Mac bisa dapet 2 OS (fasilitas boot camp) sementara bli pc cuman dapet 1 os aja. jadi ketakutan kalo ngga bisa ngejalanin beberapa program wince adalah sebuah hal yang nonsese. aeeehhh

soal teknologi, mau search googling, yahoo, atau segala macem search engine pasti ujung ujungnya Mac lagi Mac lagi sebage juaranya. mau dari segi kemudahan, kelengkapan dan segala macemnya. cuman, populasinya yang memang sangat sedikit dibanding wince ya ada beberapa software yang ngga kompatible dengan mac. cuman, thanks to boot camp MacIntel. jadi wince bisa jalan ama buah. awesome!

say bye bye to viruses, tapi emang di mac ngga dikenal virus dan anti virus. memang dilaporkan pernah ada cuman jumlahnya sangat sedikit banget. plus kemudahan penggunaan softwarenya. docking active, just drag and drop. as simple as that. (bisa dibaca di pages macin’ me crazy). plus ribuan opensource khrateess bisa di donlot dan di install di Mac. banyak software freeware yang bener bener free!

masih banyak banget kelebihan mac yang ngga bisa gua jabarin disini dan ngga bisa diceritain kalo belum megang mac. terbukti banyak banget komunitas pc yang meng-akalin os mac bisa dijalanin di pc mereka terkenal dengan nama hackintosh. Hacker Macintosh atau osX86. justru inilah yang ngebikin Mac makin gede.

nah balik lagi ke temen gua, ya gua sih ngeliatya akan secara objective saja, ngga mungkin gua ngeracunin dia buat beli mac kalo memang keuangan ngga ngedukung kan? masa iya gua nyariin utangan buat dia? jadi yaa gua balikin lagi kedia dengan tulisan di email, “elu beli notbuk buat apaan?, sesuaikan dengan kebutuhan bukan gaya, kalo mau yang konvensional pilih pc ….. tapi kalo mau out of the box pilih …Mac”

Leave a Reply

