taliwang

Yup yup liburan kejepit! Awal tahun yang cukup membahagiakan ada kejepit liburan. Mau balik kejakarta keknya keuangan ngga memungkinkan. Setelah tahun baruan, setelah natalan di bali, kalo balik ke Jakarta berarti judulnya ngebongkar celengan babi. Which is I choose not to. Jadi mendingan gimana caranya mengisi liburan kejepit ini semaksimal mungkin dengan bea seminimum mungkin.

susanGayung bersambut, mba sur nelpon nyuruh kita dateng selametan dirumahnya dia di taliwang. Hhmmhh kondisinya adalah taliwang itu tempatnya lumayan jauh…well cuman 1.30jam jalan santai sih, cuman kita yang pasti butuh transport dan supir tentunya! Secara gua ogah kali yah suruh driving di tengah hutan belantara plus….musti melalui jalanan rusak. Hmmmhh langsung ide ide gila bermunculan. Sewa mobil! Kita telepon TRAC yang notabene emang dah kondang top markotop untuk urusan sewa boil. Cuman harga yang dipatok ya cukup professional yakni 700rebu seharian blum dengan driver. Keknya ngga mungkin ambil nih trac. Kitapun kontak local rental vendor, ternyata harganya sangat bersahabat buat kantong cekak kita. 350rebu udah dengan driver plus bensin! Whoaaaa!!! Bungkus!

Tepat jam 10 kita serombongan lenong berangkat menuju taliwang, gua, mik oting, martin, ipon, suzan, dan pak her duduk manis di mobil kijang rental. Jangan ditanya perbekalan yang kita bawa yah, tuh mobil isinyajalanan makanan semuanya. Mulai dari jajanan pasar,

Sangking senengnya mau jalan jalan, mobil berpenumpang 7 orang ini ngga berasa bannya kempes! Beruntung mobil dibelakang kita nge-klakson berkali kali ampe kita nyadar kalo boil kita ban kempes. Dari PAR – Public Access Road pak supir mengganti ban, kita pun kecentilan foto foto. Disini gua ngeliat dengan dekat pohon jarak yang selama ini dibilangin penghasil minyak jarak itu…akhirnya gua bisa ngeliat dari deket. Pak martin pas perjalanan pulangnya juga sempet nyobain buah jarak. Siapa lagi kalo bukan mak item alias ipon yang ngomporin. Katanya sih rasanya kaya chesnut, cuman kalo kebanyakan bikin mabok. Idih…

Pantai tetebatu atau potobatu
jelengahKita sempet brenti dulu di pantai ini buat sekedar ngelurusin kaki dan sedikit foto foto tentunya. Ngga ada yang istimewa dari pantai ini, selain banyak batunya dan satu buah batu yang cukup gede makanya dinamain potobatu (foto ama batu kali yah). Ombaknya masih kenceng karena langsung laut lepas.

Akhirnya nyampe juga dirumah mba sur, adem dan enak. Di taliwang ini pula beberapa bulan yang lalu terkena bencana banjir, 2 meter. Rumah mba sur cukup beruntung dengan pondasi tinggi bisa sedikit bernapas lega, banjir masuk dirumahnya cukup semata kaki aja. Jangan ditanya keadaan penduduk yang lain. Bahkan ada yang kecelup air…rata sampai genteng.

Nyenengin juga acara kumpul kumpul dirumah mba sur ini. Jadi ingetcampur jaman kuliah dulu maen maen tempat temen, sembari makan siang trus cekikikan teu puguh. Ini kejadiannya juga sama, apalagi ada keluarga besar ita ikutan ngeramein rumah mba sur. Gua sih siap berantem ama Dimas si kecilnya ita. Bukan berantem sih, lebih tepatnya ngegodain dimas. Abis tuh bocah bantet pisan dengan mulut kecil nan tipis jadi nggemesin sekaligus nyebelin. Nah bingung kan. Napsu gua godain biar nangis biar rame aja tuh siang. Jahat banget gua yak. Akhirnya jam 1-an kita pamit. Ngga enak, kata mik oting sih biar mereka istirahat. Padahal gua lagi napsu napsunya godain si dimas. Bener juga sih emang siang siang paling enak molor, apalagi rumah mba sur bener bener nyaman di terasnya, anginnya cukup sepoi sepoi bikin merem melek.

oh iya belum cerita soal makanan yang disajikan. ada sayur rebung. sayur ini diolah bareng ama santan yang langsung jadi idola. ada udang goreng, perkedel jagung, singang ayam (atau mungkin orang orang lebih nyebutnya gulai ayam kali yah?) ama ayam taliwang khas mba sur. ayam taliwang nih bukan berarti asal muasalnya dari taliwang sini yah. memang namanya aja ayam taliwang dan pas kebeneran makannya di daerah taliwang. kalo ayam taliwang versi lombok biasanya pedes edan plus warnanya merah membara. sementara kalo versinya mba sur pake sedikit kecap tapi teuteup pedesnya kaya setan. tapi jadi enak karena ada manisnya sedikit.

Pantai jelengah
kumpul jelengahPerjalanan baliknya kita sempet mampir di pantai Jelengah. Tepat jam 2.30 disaat matahari sedang asoy geboy mentereng jreng di pantai yang sungguh indah ini. Bersih dengan pasir putih lembut. Airnya keliatan biru banget tanpa polusi. Pengen rasanya langsung nyebur disitu tapi keknya ngga mungjin yah, selain panas dan ngebakar badan, gua juga kaga bawa ganti baju. Tapi sumpah kalo diajakin sore sore kesitu pasti seru pisan. Ada resort nya disitu katanya sih bagus cuman ngga sempet mampir. Udah kadung panas, udah kadung males, ya udah langsung balik ke maluk. Suatu saat nanti gua musti explore nih pantai. Cuman butuh kendaraan aja pastinya.

Maluk, disini kita sempet makan dan minum es kelapa. sebenere sih gua usul pergi kesini cuman pengengua jelengah minum es kelapa buat nyegerin badan ama makan pisang goreng. mendadak pak martin kelaperan jadi ya udah sekalian aja makan sore untuk malem hari. padahal jam masih nunjukin jam 5 sore dan kita juga sebenere masih kenyang banget abis makan ditempat mba sur. Disini pula gua nemuin dan ngeliat disaat pantai maluk kotor banget. Gelombang pasang dan ombak besar ngebawa banyak banget kotoran dan sampah yang sumpah numpuk banyak banget di bibir pantai. selama ini ngga keliatan karena emang gelombang pantai maluk ngga sedasyat laut lepas, jadi disini kalo musin tertentu bisa maen kano. tapi kalo sekarang mah jangan harap bisa. selain ombaknya sedang ngga bersahabat sampahnya juga numpuk. Sampai ada pemulung yang ngais ngais kalisampah maluk aja dapet barang lucu.

Coba kalo kejadiannya di pantai ancol Jakarta. Dijamin bakalan rame pemulung! sekali lagi bukti bahwabuang sampah sembarangan emang ngga bagus buat ekosistem kita sekaligus buat lingkungan sektar kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s