Friendster vs FaceBook (view from iPod Touch)

FS depanbarusan dapet notifikasi email dari Friendster (FS) kalo sekarang dah diluncurkan layanan Friendster Mobile, cukup dengan mengentik m.friendster langsung konek, semuanya bisa dilakukan secara mobile. well, sebagai pengguna jejaring sosial yang sangat setia ini merupakan langkah awal bagi FS setelah sekian lamanya malang melintang. pertanyaannya kenapa baru sekarang? sementara FaceBook sudah memberikan layanan mobilenya semenjak kemunculan iPhone. bahkan aplikasi facebook iphone ini tampilannya sangat luar biasa.FB front

tampilan awal FS ngga bisa dilihat foto/profile kita secara detail, bahkan terkesan biasa biasa aja. maklum jejaring sosial adalah sarana narcist, kecintaan akan diri sendiri dan ngebokis besar besaran. rasanya kok kurang sreg dengan tampilan welcome dari FS disamping ini.

ngga ada tab untuk melihat secara detail dan cepat. ngga enak banget buat ngeliat di iPhone atau PDA atau telepon genggam yang sekarang udah support HTML.

sementara di FB, tampilan mukanya langsung bikin ‘senyum’ foto kita nangkring dengan manisnya ,kumplit dengan profile kita. sedap dipandang mata, akses untuk FS pickeberbagai tab juga sangat mudah, navigasi yang cakep banget dah! entah mungkin karena FB ini khusus untuk iPhone jadi featurenya bener bener pas dilayar iPhone/iPod Touch.

mau ngeliat list update teman, pesan inbox, atau news feed dari temen temen tinggal touch aja. luar biasa mudah dan pas dengan jempol jempol gede. (maklum iPod touch/iPhone itu pake jari bukan stylus bukan pula kuku)

beralih ke foto, gimana tampilan foto di FS? again, FS kalah set dibandingFS fullscreen tampilan di FB. di FS semuanya terlihat sangat kecil, kita musti zoom dahulu untuk bisa mendapatkan foto full screen. dan hasil resolusinya pun jadi ancur, pecah berhamburan kemana mana he he he he. mangsudnya ngga sedep buat dilihat lagi.

dah gitu tampilan albumnya berurut kebawah kecil kecil, kita musti rajin rajin scroll kebawah. apalagi ngga ada tab untuk kembali ke halaman awal secara cepat (ngga tahu FB pickenapa untuk FS sangat susah sekali untuk melakukan zoom double tap di iPod touch, jadi kurang enak aja mau nge-zoom.

lalu gimana tampilan di FB? sama juga sih berurut kebawah seperti FS, cuman serunya detail tulisannya begitu jelas enak dimata, dibaca juga cepet. detailnya juga kumplit. pokoknya juara kelas deh. setelah masuk kedalam album tampilannya lebih enak lagi, semuanya hadir dalam tumbnail! pengen liat full screen tinggal click dan langsung full screen jelas ngga pecah. resolusinya masih terjaga pas buat iPod touch gua.

full screen di FB bener bener full screen, jadi ngga perlu double tab udah bisa landscape FBngeliat jelas, mungkin hal ini juga yang ngebikin FB di iPod ngga bisa di double tap/zoom.

kesimpulannya? FS masih disempurnakan lagi. dan two tumbs up buat FB on iPod Touch. gua sih belum ngeliat gimana tampilan FS kalo di henpon biasa yang ngga support html, atau henpon biasa bukan iPhone/iPod Touch. FB for Iphone ini gua juga belum pernah ngeliat di henpon biasa. memang bukan perbandingan yang fair mengingat FB aplikasi khusus Iphone dan FS sifatnya untuk aplikasi mobile (berlaku bagi semua headset).

karena gua cuman punya iPod Touch, dan dari tampilan cantik FB, masih mau ngebuka FS mobile? kalo ngga kepaksa keiknya engga deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s