blackberry 8100

BlackBerry 8100BlackBerry 8100

au au au…. akhirnya my own BlackBerry! seteah sekian lamanya ngidam nih gadget lucu, kesampaian juga punya. lahir di tahun 1995 oleh anak perusahaan Research in Motion (RIM) lahir lah BlackBerry atau lebih dikenal BB. sebenere buat apaan sih? well ini gadget bisa buat nelpon dan sms bak layaknya sebuah henpon biasa. lalu apa yang bikin orang sampai tergila gila ama nih BB? just because bisa push email dengan menggunakan BIS – BB Internet Service (ini untuk per-orangan) well ngga real time banget sih, masih ada jedanya dikit lah, selang beberapa detik. kalo mau yang real time pake fasilitas BES – BB Enterprise Service (yang ini biasanya untuk pelanggan korporate.

gua pilih BB8100 pearl. apa mangsud milih BB ini? selain ini BB yang paling murah saat ini, plus bentuknya yang manis imut kecil tengil ini ngga keliatan kalo ini BB. sedikit low profile kali yah. sebenere ada pilihan laen BB8310 harga yang dipatok lebih mahal tentunya, cuman sayang budget diketatin he he he. lagian ini kan buat belajar dulu namanya juga nubie, masa mau yang mahal. apa sih yang ngebuat gua kepengen BB? ngga lain karena gua ikutan milis yang kirim kiriman emailnya cukup brutal.🙂 dan gua gak mau ketinggalan berita sedikit pun, ntah itu sekedar celometan ngga penting sampai yang detail.

plus, simpati mengeluarkan layanan pra-bayar BB pertama di asia! gua acungin jempol simpati buatlangkah ini. cukup mengisi pulsa 180 rebu. daftar ke 333 langsung deh pulsa kepotong 180rebu untuk satu bulan dan kita bisa menikmati layanan BB dari telkomsel. apa aja tuh? dapet email user@telkomsel.blackberry.com dapet 10 akun email gratis – unlimited, dan tentunya akses GPRS unlimited. (apalagi telkomsel bentar lagi jadi telpon kantor newmont, hhhmmm pasti pelayanannya di nomor satuin kali yah..he he he he

blackberry keyboard
blackberry keyboard

gampangkah peng-operasian BB ini? whooaaaa…. gua berasa mau bunuh diri setiap kali mengetikkan di BB ini, maklum nih BB menggunakan suretype bukan QWERTY seperti BB yang lain. hasilnya? setiap kali ngetik selalu memencet backspace, del dan dibaca ulang. penggunaan multi tap (dengan menekan 2kali di setiap tuts) juga gak nolong. bener bener bikin kram otak. jempol dah nyut nyutan eh yang ditulis salah pula. akhirnya gua ubek ubek milis eh pas kebeneran ada yang lagi konsultasi soal BB dan suretype – atau lebih dikenal dengan plesetan mba surti. ternyata solusinya musti dunlut auto text indonesia 50,000 kata untuk bisa lebih enak lagi. penasaran…. langsung gua dunlut n instal ternyata? berhasil! sekarang mengetik

BlackBerry 8100
BlackBerry 8100

lebih mudah dan menyenangkan.

next project adalah update firmware jadi OS merdeka yakni 45.0.52 buat BB gua. banyak celometan yang bilang ini masih beta, n blum sempurna apalagi sering bikin hang kalo gagal dunlut, malah kalo gagal update bisa matot. dengan semangat 45 plus bantuan leo dari jauh…(import from bali) gua dunlut firmware paling anyar dan install. bersyukur dunlut dan install yang memakan waktu sejam itu hasilnya ok! meskipun ada bugnya yakni kamera jadi gelap, tapi pastinya interface BB gua lebih nyaman dimata dan enak banget buat ngetik. i love my BB!

(tetapi kalo ada 8310 gua juga mauuuuu…..)

106 thoughts on “blackberry 8100

  1. Kebetulan saya jg baru 2 minggu pake blackberry 7130g yg suretype, bisa minta link autotext indo-nya buat di-download? Thanks.

  2. kebetulan juga nich saya sekarang punya BB8100,tapi intenetnya lon aktif..
    bisa kasih tau bocorannya ?
    kalo kartu saya pake mentari…
    plsss kasih tau yaa cara aktifin internetnya…
    thz bgt..

  3. internet nya belun aktip? bingung….
    situ pake mentari kan? aktifkan kirim sms

    BIS1 BB 8100 kirim ke 889
    (untuk mingguan,pulsa 50k)

    BIS2 BB 8100 kirim ke 889
    (untuk bulanan,pulsa 160k)

  4. Colokin BB ke kompie (pake windows yaaaa mac belum bisa, kalo mau pake mac bisa pake paralel desktop atau bootcamp) udah gitu nyalain DM nya. Sampai kebaca PIN nya. Udah gitu pilih back up and restore. Dr situ ntar bisa kelihatan

  5. Boss, gue ada rencana mau nyoba pake BB tapi yaah.. sama dengan alasan loe diatas, selain newbie dana gue terbatas. Gue udah liat n nyobain BB 8100 ini di toko, emang pertama kali koq suretype agak ribet ya pakenya? boleh dong di share buat download 50,000 ind text-nya..
    via email ya boss.. thx so much.

  6. Ok ntar gw kirimin yah. Masih dijalan nih ☺.
    Kalo memang baru awal make coba aja pake 8700 QWERTY juga. Cuman badak banget. Alias kuat edan. Kalo memang mau nyoba suretype 8100 silakan aja. Pesennya cuman satu. Musti rajin mencet kirim email di 81XX biar si pearl pinter

  7. Bos, gw newbie nie pake 8100. Gw dah dapet tu file wordlist 50,000 tp gak bisa cara install di BB.
    Mohon pencerahannya yg lengkap ya boss… penjelasan di atas kurang lengkap.
    Tks

  8. caranya

    1. instal Desktop Manager di kompie (windows based yah, Mac belum bisa, meskipun pake missing sync ngga pernah sukses juga tuh gua)
    2. colokin deh 8100 dan jalankan Desktop Manager
    3. sampai pin kebaca
    4. pilih back up and restore
    5. pilih restore
    6. cari file autotextnya
    7. selesai

    IMHO, suntik pake 5000 atau max 25,000 kata udah lebih dari cukup kok, abis itu sering sering dipake deh itu BB nya. dijamin pinter ngomong bahasa indo.

  9. halo fren.. mat kenal

    minta infonya nih…
    aku pake BB8100 dh setahun lebih aku pake, tapi ngg bisa koneksi internet nih, padahal kartunya dh aku register…

    kemarin abis dari roxy untuk setting katanya ngg ada masalah, oh iya videonya juga nih ngg bisa ngeplay…

    aku tunggu infonya yah fren.. pliss,,,

    thank’s sebelumnya…!!!

    1. udah pake setahun dan ngga bisa konek internet? dan selama itu ndak komplain? dilembiru aja …. *di lempar beli baru* hehehehe
      seriously, kenapa baru sadarnya sekarang kalo ngga bisa konek internet?
      gua kirim email japri yah sob.

  10. wah samma nih bbnya.. mas share link2nya donk buat download2 all about pearl 8100.. ky themes,,autotext,,OS nya,,DM nya,, dll deh..

    satu trouble ku ni mas,,kadang trackball aga susah ke bawah.. kaya ada yg nyangkut dibawahnya.
    kenapa yah??
    skalian mau nanya,, rencananya aku mau ganti provider. kira2 ngaruh ga yah ma os?? coz waktu it tmn pernah ganti simcard,, eh malah harus di update osnya. alhasil keluar dana 300 rb dya. hehhe..

    mohon pencerahan yah mas..
    thx b4..

    regards,,

    1. untuk themes bisa coba masuk ke http://www.pimpmyberry.com dan masih banyak lagi, DM? bisa masuk ke http://www.blackberry.com ada disitu semuanya. try gugel yaaaaa
      – kalo trackball agak susah kebawah itu judulnya trackball udah kotor dengan kotoran, bisa bongkar sendiri (gugel pake youtube) – atau bawa ke toko asesoris BB di plasa semanggi nanti bisa diganti dengan trackball baru
      – mau ganti provider? ngaruh dimana nya nih? ganti provider kalo mau release PIN silakan datang ke kantor provider /operator yang mau direlease.
      – update OS ndak bayar yaaaaaaa, siapa bilang musti bayar? kecuali kalo dibawa ke roxy trus minta bantu upgret OS nah itu laen cerita. bisa nyari di crackberry.com untuk latest OS yang sedang santer dibicarain sih versi 4.5.0.124
      inged, do it with your own risk.

  11. Dear Bro,

    Minta bantuan nih, tolong dikirimin dong suretype bahasa Indonesianya, soalnya yang bawaan BB-nya sukar untuk ngetiknya.

    Thx

  12. Saya baca di Blog milis tertarik juga sama Autotext bahasa Indonesia 50000 kata.. apakah bisa di inject ke BB Storm..? Bisa disharing & email ke saya? email : benks1@yahoo.com
    Sebelumnya Thanks berat yah bro’…

  13. hallo sobat2 semua.baru pke nih BB 8100.di pake beberapa menit aotumatis terkunci masukan paswor.
    kalu begini kan ribet gimana ya setingannya biar bisa di off kan,,,
    oh ya to mr.O’o Murbiyanto bisa bantu kirim file Autotext bahasa Indonesia 50000

    thanks berat sebelumnya

  14. @ O’o Murbiyanto
    thanks berat sudah kirim file autotexsnya

    bahasanya ko tetap bahasa engglish
    ada solusi ga ya?

    btw kalu 10x salah pasword dia otomatis reset ya>
    terus kalu dia minta paswword setelah tereset masukin apa bos codenya

    terimakasih sudah mau berbagi

    1. lho itu autotextnya emang nyuntiknya gimana coba? hehehehehe, udah 50rebu bahasa indonesia masih kurang juga? busyet dah. sering sering di pake 8100 nya buat ngetik chatting kirim email. jangan buat pajangan aja. biar itu bb pinter.

      kalo udah 10X salah yaaa masukin pasword aja yang baru, kalo lupa lagi, masukin lagi mpe 10x lagi ntar reset lagi hwhwhwhw

  15. salam kenal..,Q baru beli BB8100,,tp coba kirim MP3 dari HP Nokia via bluetoothYa kok ga bisa yah??apa harus ke counter hp untuk ngecek bluetoothYa,,atau ada ga BB customer care di Jakarta?tolong kasih tau cara aktifin internetYa dong, kartuQ IM3.
    Thanks banget yah..

    1. kirim mp3 dari nokia yah? sudah di pairing sebelumnya? kalo udah di pairing and kebaca di bb, langsung masuk ke media click menu > receive using bluetooth > cari deh itu bluetooth nokia > sent selesai

  16. om.. minta tolong juga dunk auto text indonesia buat bb storm gw.., n cara masukin icon2 yg gw angkat dari internet gimana yah?? thanks yah om…

    1. autotext udah gua kirim yuah. cuman gua masih bingung mangsudnya elu mau ganti icon di storm yah? waaaahhh itu mah ngga bisa Om. musti ganti theme namanya. bisa coba maen maen ke pimpmyberry.com tuh disitu lumayan banyak theme gratisan.

  17. sorry gw cmn mo bilang mo nambah icon diauto text boss…, n dah gw tau caranya hihihi……, thanks berat bos murbiyanto, kiriman autotextnya heheheh… n salam kenal yah…

  18. Boss, boleh minta tolong email in autotext indo gak?( BB ku 8120)… trus kalo instalnya OTA bisa gak?
    soalnya gak ngerti pakai cara diatas.. thx boss

  19. Boss,maturnuwun,kirimannya sudah sampai..
    Ndak iso yo boss downloadnya kalo OTA..
    Minta tolong lg nich boss, kalo cara dapetin DM gimana yach, soalnya CD driverku ilang, OS.4.3
    Maturnuwun njih mas boss..🙂

  20. Mas, mau tanya link buat auto text bahasa indonesia yang 50.000 kosakata bisa kirim ke email ga Mas, habis kepala udah pusing pake suretype mau copot hehehe mohon bantuan nya Mas….”

    1. lha gimana seh, udah minta tapi ngga tahu cara makenya wakakakakakak, colok dulu pake DM abis itu kalo dah ke detect masuk ke bagian back up and restore > pilih restore > cari file nya dah .

      semoga berhasil

  21. Kalo autotextnya udah berhasil.thanx

    om.. yg gue maksud ganti bahasa inggris ke indonesia, pake software apa gitu..
    kalo di hp kan biasanya di suntik bahasa istilahnya..
    kalo di blackberry gimana caranya..

    Makasih om..

  22. Om O’o Murbiyanto, boleh dikirim file autotext bhs indo nya. Kalo kita udah install lwt DM, apakah nanti jadi satu dgn autotext englishnya? Thx a lot ya.

  23. mas, ini suretypenya bisa dipakai untuk blackberry storm tidak? kan storm juga bisa pake suretype.. tapi, ga tau klo blom dicoba kan?😛

    so send me that file please? thanks before sir ^^

    1. lumayan sih😀 sebenere kalo sering dipake lama kelamaan storm nya pinter kok, ngga perlu di inject. ini kan buat awal awal aja biar gak kagok dan nulisnya cepet aja. Suretype Rules!

  24. tlg ksi tw dund mas BB sya ko gga bisa nerima sms ya??itu knpa?tp klu ngirim sms bisa.krtu sya di coba d hp yg lain tp bsa…apa krna pngturan’a..klu iya tlg ksi tw pngturan sms yg bnr ya thx b4

  25. mas bro,,,,sy bopghel punya bb8100,tapi pake bahasa english,,,kalo bisa biar bahasa indonesia caranya giimana mas broooo agar OS bbx 8100 bisa bhs indonesia saya juga pengen dong autotext yg 50.000 sekalin karena repot mengetikx,,,trimakasih mas bro saya maoghicell@gmail.com

Leave a Reply

