ipod touch firmware 2.2

cover art

cover art

 

dengan direleasenya itunes 8.02 muncul firmware terbaru buat ipod/iphone. well karena gua hanya punya ipod touch jadi gua akan ngebahas buat ipod aja. sempet gua ngubek ngubek internet gimana caranya untuk update firmware 2.2 secara khrateeesss. segala keyword, segala website di ubek, ngga tahunya…untuk ipod yang sudah menggunakan 2.1 firmware, tinggal colok di itunes, click update and install tungguin itunes dunlut (sekitar 250mb) auto install, selesai! (kebiasaan petani, giliran dikasi “jalan yang benar” malah kebingungan nyari jalan tikus :p)

 

apa feature terbaru dari ipod firmware 2.2 ini? worth it to dunlut? ya ya ya ya ya… sebelumnya gua cuman mau ngasih tau kalo ipod touch ternyata bisa print screen (gua telat banget euy!!!) ini pun gua dapet dari pod touch fans yang sebenere udah basi banget beritanya. cukup dengan 

tahan home button lalu pencet on/off button

selesai dah, print screen akan masuk ke photos dibagian save image. colok ke mac buka iphoto, otomatis akan terdunlut. selesai! jadi utuk review ini udah dibantu oleh print screen. 

 

ipod mailipod mail2ipod mail 3

Push Email through Microsoft Exchange ActiveSync

Emails — and also contacts and calendars — push instantly to your iPod touch. feature ini sebenere sudah lama waktu pas firmware 2.1 nongol. cuman sepertinya diperbaharui lagi untuk tampilan HTML nya. dan memang menurut gua wokeh banget untuk tampilan HTML nya mendekati sempurna. flashnya juga jalan tuh waktu email dari monster.com bener bener mendekati tampilan HTML menggunakan netbook. kalo pake yahoo secara otomatis semua folder di yahoo akan muncul secara otomatis di interface mail. 

Scientific Calculator

ipod calcRotate iPod touch to landscape mode to access a full-featured scientific calculator, ini yang gua masih ngga ngerti, are you seriously gonna use ipod touch scientific calc? c’mooonnnn!!!!!! pak guru juga bakalan ngamuk ngamuk kalo kita pakae pod touch buat ngitung pas di kelas. lagian totol totolnya itu ngga nahan banget kali yah. gua sih belum ngebuktiin kemampuan scientificnya mumpuni atau engga, cuman masih ngga masuk diakal. but again, it’s apple, break through technology, ada yang kepikiran device/gadget yang masukin scientific calc sebagai saah satu featurenya ?

ipod happy tree

Download podcast over the air, nah yang ini baru seru, kita sekarang bisa dunlut over the air untuk podcast yang notabene hampir semuanya gratis. barusan gua dunlut 15episode happy tree friends (itu lho kartun yang sungguh jahanam dan sadis sekaligus brutal, dulu pernah nongol di MTV). koneksi wifi dari airport gua yang lumayan kenceng buat dunlut ternyata lancar jaya, lumayan cepet lah. 

ipod auto corectionyang menurut gua feature paling heboh adalah auto correction toggle switch itu auto correction dari keyboard yang bisa dimatiin. fiyuh…akhirnya om setipjob ngedenger juga keluh kesah para pemakai ipod atau iphone yang native language bukan bahasa inggris, yang nota bene kalo mau ngetik sms atau sekedar ngetik aplikasi wordpress buat ngeblog via ipod bisa bikin kram otak. gimana engga, setiap kata yang kita ketik pasti akan mengacu bahasa inggris. 

Feature lainnya adalah safari 2.2 yang sekarang di poles lebih bagus lagi. sudah ada google bar di tab ipod xlsafari, sehingga kita bisa ketik langsung di address bar untuk pencarian google. penyempurnaan tampilan HTML dengan flashnya juga patut diacungi jempol. gua ngga ngerti apakah untuk phone browser yang lain apakah bisa menampilkan website flash secara sempurna atau tidak. gua coba masuk ke xl.co.id dan voilaaa gambar monyet komplit dengan luna maya di tab promo bisa tampil secara sempurna. meskipun untuk mode landscape masih terlihat nge-lag perpindahannya. apakah ini pengaruh dari kapasitas 8GB yang penuh? ngga tau deh. 

website lain yang gua coba buka adalah apple.com muncul secara enak dipandang (apeee lagi bahasanya yah…) mangsudnya pas banget dengan layar ipod touch. mungkin karena yang bikin apple jadi secara default dia menciptakan agar tampilan web apple bisa pas di ipod touch. paling gokil pas gua masuk ke bagian ipod touch dan langsung bisa streaming film hulk via quicktime secara real time. dahsyat! oh ya trailler film ini bisa dilihat secara potrait maupun landscape. 

web appleitunespodipod quicktime

ada feature baru lagi sekarang di bagian home button, kalo pas kita udah ngebuka halaman banyak di layar ipod touch, tonggal pencet home button secara otomatis akan kembali lagi kehalaman muka. well, ngga 

ipod map

banyak ngebawa impact sih kalo itu. ada feature baru dibagian map with walking distance, yang sayangnya indonesia masih belum di support ama google (jahat ih, not even jakarta). gua coba untuk daerah yang cukup akrab dengan gua. perth subiaco west australia ke citi west. cukup klick map, ketik search tulis dua kota keyword diatas, secara otomatia akan menunjukkan jalannya, sekaligus menempuh berapa lama antara dua tempat yang sudah kita pilih tersebut. but is it using your own feet or car? dunno. mungkin kalo map indonesia bisa di upload dan bisa dibuat walkig distance seperti ini bakalan lumayan berguna. bisa buat penunjuk arah selain GPS dari BlackBerry atau dari Garmin.

jadi? bagaimana? penyempurnaan ini cukup signifikan nurut gua, apalagi battle of mobile phone masih sangat kenceng sekarang. dan gua tetep cinta ama apple. no matter what.

7 thoughts on “ipod touch firmware 2.2

  1. si ipod gen 2 ini udah langsung ‘ada’ semuanya toh?
    gue aga males nanya2 ama yang jualan..soalnya…rata rata basa basi banget pengetahuannya.. ehhehhhe.

  2. sudah ada semuanya kok, yang passti dirimu musti punya account itunes store – jadi nanti bisa beli applikasi di itunes store indonesia, mau yang gratisan? buanyaaaaaakkk jangan kuatir dah!

Leave a Reply

