Shenzhen (Backpacking China)

Shenzhen
Shenzhen

Kereta MTR dari Tsim Sha Tsui meluncur cepat ke Lo Wu di pagi buta. sedikit penumpangnya, masih terlalu pagi buat nyebrang ke China. kejadian seru pertama adalah di Imigrasi, pasport nya July yang nota bene ada 2 –  dia attached yang lama, dicurigai ama petugas imigrasi. bukan dikira palsu, cuman dia kebingungan dimana Perth itu, Oh toloooonnnggg….

plus ada tanda coretan kecil di stempel visa tinggal Perth yang semakin mencurigakan itu pasport palsu. kita yang nunggu sempet deg deg an juga. untung akhirnya dibebasin juga. kalo gua jadi July udah pingsan duluan kali, ngga maen maen kalo urusannya ama imigrasi.

Hunting Domestik Flight

mengingat kita belum punya tiket domestik ke Beijing, langsung begitu keluar imigrasi mencari travel agent untuk ngebeli tiket ke Beijing. Tempat travel agent pertama adalah JL Tour. harga yang dikasi 1700cny wah, udah kepalang tanggung dari pada ngga jadi ke Beijing sikat aja dah. cuman mereka ndak isa terima pembayaran dengan kartu kredit. walaaahhh uang cash terpaksa keluar. kita hanya beli ticket oneway aja menggunakan Shenzhen Air ke Beijing. dengan bahasa inggris yang terbata bata, pelan pelan mereka mengeja hurup latin, busyeeeettt travel agent aja kaga ngarti bahasa inggris. perhatikan nama penulisan di ticketing ini sangat penting banget mengingat mereka ngga ngertiin hurup latin.

ada kejadian lucu bin tolol disini, nama gua di pasport itu cuman satu kata, Murbiyanto aja, (kalo di KTP sih komplit dengan nama bokap) yang jadi masalah si mbaknya yang jaga nanya apakah nama gua Murbiyanto Indonesia ? gedubraks!!! dia sepertinya kaga ngarti Indonesia itu sebuah negara. oh toloooonnnggg…. gua musti nerangin pake tulisan dan bahasa inggris pelan pelan kalo nama gua cuman satu. only one. tulis aja murbiyanto murbiyanto. wakakakakak

untuk kepulangannya dari Beijing ke GuangZhou, kita membeli tiket dari travel agent lain dideket situ juga. kali ini mereka menerima pembayaran dengan kartu kredit.syukur deh uang cash yuan kita agak sedikit aman. (sempat kepikiran juga nuker USD di kantong untungnya ngga perlu) tiket domestik china ini sangat sangat mahal. mungkin emang pas musimnya mahal karena imlek.

My Little Hut Hostel

sebenere udah dibilangin di websitenya kalo mau ke hostel tinggal naek ke Lo Wu Commercial centre trus naek taksi dari depan hotel Shangri-La. cuman karena masih panik si valen nyolek polisi, mau naek taksi. eh ditujukin deh kita taksi gelap. dari sini aja kita udah gagu, secara itu supir taksi juga kaga tau bahasa inggris, kita nawar juga pake jari. cuek aja dah kira kira 10 menit kita dah nyampe ke Little Hut Hostel.

tempatnya enak, dipinggir jalan jadi kalo mau kemana mana deket. masalah utama adalah mbak resepsionisnya very bery little english. padahal nih hostel masuk ke internet, mbok ya nyang jagain di pintu depan pinter bahasa inggris gitu lho. cuman tetep gua acungin jempol untuk usahanya dia nunjukin metro terdekat, dengan gerakan tangan, langsung dia bilang “wo pu ce tau !” hadoooohhh “gua juga kaga tau elu ngomong apaaaaannn”

dalemnya Little Hut cukup bersih, kali ini beneran bak hotel melati di jakarta. ada sabun dan sikat gigi dengan tulisan china tentunya. komplit dengan remote control china yang gua pun musti kira kira buat mencet nya. oh iya, disediakan juga air panas dan teh hijau kantong buat minum malem malem.

Window of The World

karena emang ngga bawa peta dan kita musti nemuin Metro terdekat

Window of the world
Window of the world

dari hostel, peta dari hotel seharga 5cny kita beli, setengah mati ngelihat tuh peta, ruwet dan ndak jelas. apalagi Window of the World lumayan jauh tempatnya di metro Shi Jie Zhi Chuang.  modal nekat jalan jalan akhirnya nemu juga logo Metro Da Ju Yuan station. huuu senengnya.

Window of the World sebenere adalah semacam taman mini, cuman disini negara negara di dunia. mulai dari miniatur rumah jepang kumplit dengan orang orang mungilnya, borobudur (yeeeee hidup indonesia!!), sampai menara Eifel juga ada. lumayan buat foto fotoan. strongly advice, naikin aja kereta keliling area Window of the World. lumayan bisa ngeliat dari jauh negara mana aja yang mau kita datengin. jangan salah area window of the world ini sangatlah luas banget. ampe capek kaki.

makan siang pun akhirnya dilewatkan disini. ngga enak banget sih rasanya. cuman mau bagemana lagi daripada kelaparan, lagian waktunya mepet banget kita musti ke Splendid China juga. yang penting harus makan daripada sakit.

foto foto bisa dilihat di Flickr Window of the World

Splendid China

Phoenix and Dragon Show
Phoenix and Dragon Show

masih soal menyoal miniature, di Splendid China ini adalah miniatur negara China yang luas banget. berhubung mau mendekati imlek, suasana merah dan dengan logo kebo ada dimana mana. sedikit kelaparan, kita nyobain makanan semacam martabak tetapi isinya ca kue. yaaaaa gitu aja sih rasanya. hehehehe, creps china. ngga tahu juga apa namanya. lha wong mau belinya aja pake nunjuk nunjuk. tempatnya di metro Hua Qiao Cheng, satu station mundur dari Window of The World.

ngga kalah luasnya tempat ini dibanding Window of the World apalagi kita mau nonton show Dragon and Phoenix. ini musti wajib ditonton, pertunjukan ini malem hari mulainya jam 7.30. A 16 years art performance strength, hundreds of artists’ thinking, modern stage instruments such as sound, light, electricity, water, and all these make dancing, acrobatics, conjuring and other arts assemble together. A magnificent and generous professional stage, over 500 players, more than 1200 costumes and 55 minutes performance make you enjoy the floweriness and charm of Chinese culture.

ini pertunjukan asli bikin ‘jaw drop’ alias menganga aja gitu, sangking mewah dan megahnya. cara nontonnya cukup menukarkan tiket masuk ke Splendid China seharga 120cny ke counter tiket Dragon and Phoenix ngga nyesel dah nungguin mpe malem hari. mulai dari laser show, panggung yang ber-ubah ubah, air mancur di tengah panggung, sampai air terjun!!! aih matiiiiii sumpah asli keren abiiiisss!!!!

foto foto bisa dilihat di Flickr Splendid China

malemnya sempet jalan jalan seputaran hotel dan makan cumi bakar di pinggir jalan, sumpah enak bangeeeetttt. pagi pagi buta tepat jam 6 masih gelap banget, kita cegat taksi di depan hostel menuju airport. lumayan jauh juga airport domestik Shenzhen. jam terbang kita jam 8 pagi, next destination, Beijing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s