Jakarta-Batam-Singapore (Backpacking China)

mandalaPerjalanan dari Jakarta ke Batam ngga ada masalah, pesawat Mandala yang kita tumpangi berangkat lebih awal jam 8.10 pagi dari sekedul sebenarnya jam 9.10wib. bersyukur deh bisa lebih cepet.  kita masing masing bawa 2 backpack. 1 carrier besar isinya baju baju dan backpack kecil untuk barang mewah, keik camera, dompet, pasport, dll. kecuali Juli, dia keukeuh nenteng tas Newmont trolley kecil yang akhirnya ditengah perjalanan dia sendiri yang merasa kerepotan. maklum namanya backpacking kan musti pindah pindah pesawat dan tempat.

kalo namanya backpacking ya bawa backpack, bukan bawa troley bag diseret seret, malah bikin ribet

nyampe di Airport Hang Nadin Batam, langsung menuju counter BatamFast Ferry dan beli tiket disana. harganya 34SGD. herannya kenapa udah harga SGD yah? bukan harga rupiah, padahal batam kan masih Indonesia – meskipun under Singapore management ndak seharusnya menggunakan mata uang SGD.

kita lalu mencegat taksi menuju batam centre. ini kali pertama kita akan menaiki ferry menyebrang antar negara tanpa membayar fiskal. yay… akhirnya ada gunanya juga NPWP yang sudah gua daftarin sejak 3 tahun lalu. lalu gimana prosedurnya kalo dari batam? setelah beli tiket ferry (yang udah kita beli di aiport) langsung menuju counter check in, semuanya kita kasih ke mbak counter tersebut dan kartu keberangkatan dan kartu kedatangan langsung di ketik ama mereka. jadi kita ngga perlu report report ngisi. plus serahin deh fotocopy NPWP dan foto copy passport. (harga fotokopian disini cuman 1000 perak selembar). abis itu bawa deh semua berkas yang udah di-isi ke tempat pembayaran fiskal. selesai. mungkin karena bukan musim liburan, jadi ngga terlalu banyak antrian.

Ferry nya lumayan cepet, pemandangannya juga keren, melihat Sentosa dari sisi lain. July udah kelaparan dan langsung makan bekal panada, sebanyak 20 panada ludes dalam waktu sekejap.

Imigrasi di Harbour Front emang juara kelas, rame banget, maklum lah, banyak para pekerja TKW maupun TKI juga traveller backpackers macam kita lewat sini. hampir 1jam lebih kita antri disini. oh iya, gua digodain ama Ibu petugas imigrasi-nya katanya, ‘you di indonesia kenal amy search tak?” (dalem hati gua, lha… kok ya nanyain Amy Search, he is soooo History) yaaa gua jawab aja seadanya. Eh itu ibu ibu malah nyanyi lagu isabela. halah halaaaahhh.

selesai imigrasi kita dijemput Uncle, kita dah wanti wanti uncle mau ke kantornya dia buat booking online pesawat domestik china. setelah dapet dengan harga 1500cny one way (harga yang ditebus sangat mahal mengingat ketololan kita ngga booking di indonesia) eh ternyata ngga semudah yang kita bayangkan. setelah kita click book, ternyata credit card kita musti di scan atau di foto dan juga menulis surat pernyataan kalo itu memang credit card kita dan setuju dilakukan peng-credit-an. OMG, panik dong kita, perjalanan bisa tertunda hanya karena ngga bisa melakukan online payment macam keik gini. ngga mungkin rasanya kita melakukan itu semuanya dalam hitungan jam. ya udah akhirnya diputuskan membeli langsung go show nyampe di Shenzhen. tetep dengan hati was was keluar dari kantor uncle.

pembelian online ticket domestic china butuh konfirmasi credit card, jadi ngga 100% online payment

merlion park
merlion park

setelah makan siang bareng uncle, langsung menuju Lucky Plaza Apartement. dapet harga 75SGD per kamar. lumayan murah untuk kelas singapore. tempatnya bersih, bahkan ada air panasnya. dan deket bisa kemana mana. malemnya langsung ketemuan ama uncle lagi buat nongkrong di Harry’s. cuman Harry’s puenuh edan sore itu. namanya juga jumat malem. langsung aja kita makan malem di seputaran Boat Quay. chili crab (my fav) dan tentunya beer! sumpah mati kenyang banget. apalagi kita baru makan siang jam 3 sore, eh jam 7 malem udah disuruh makan lagi, a huge portion.

ke-esokan hari nya kita sempetin dulu jalan jalan ke Merlion Park, dari sini aja kita dah salah keluar exit MRT. agak lumayan muterin itu MRT. setelah foto foto kecentilan, balik lagi ke orchard buat speed lunch di takashimaya food court. tepat jam 3 kita naek MRT menuju changi. dan perjalanan menuju Hong Kong pun dimulai.

foto foto bisa dilihat di flickr Jakarta – Singapore

One thought on “Jakarta-Batam-Singapore (Backpacking China)

  1. Gak kok… bawa trolley bag justru sangat membantu lageee…. jadinya punggung gak pegel2… sayangnya kemarin gak jadi beli “backpack merah” yg ada di silk market… nyesel bangeettttt!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s