Backpacking China

ide gila backpacking ini berawal sebenere waktu di Perth cuman speak speak nabi aja ama Juli. karena berasa seru kalo jalan bareng bareng pas di Perth mendingan dilakonin aja untuk bisa menengok seven wonder of the world alias great wall beijing. Hampir selama setengah tahun mengumpulkan berbagai macam informasi dari pelbagai milis mulai dari milis backpacking, milis makan makan jalan sutra, sampai milis majalah tamasya pun ikutan di ubek informasi perjalanan. ngga terhitung jumlah temen yang tinggal di HK maupun yang pernah ke HK, dan yang pernah ke China juga ikutan jadi korban kita, alias ditanya tanya. namun sayangnya kebanyakan yang kita tanya mengenai China mereka ikutan tour, jadi tinggal duduk manis. kalo pun ada yang jalan sendiri, pasti mereka bersama orang yang tahu mengenai China. lha kita ber-empat? boro boro ngerti China, ngomong China aja kaga ngarti! cuman itu semakin membuat syeru dan syeremnya perjalanan.

kita mulai aja review secara umum dulu ye, kalo mau ngebaca details nanti di chapter selanjutnya biar lebih enak dulu kalo ada kata kata pembuka atau preamboele.

Itenerary

perjalanan kita dimulai dari Jakarta – Batam – Singapore – Hong Kong _ Shenzhen – Beijing – Guang Zhou – Hong Kong – Singapore – Jakarta. bujubuneng. kenapa bisa panjang gitu ceritanya? ini adalah dalam rangka backpacking. it’s not travelling nyaman yang ‘ ngok’ langsung nyampe. bener bener kita di uji, mulai dari pesawat, ferry, sampai kereta, segala transportasi kita jabanin. maklum, perjalanan mahal musti ditempuh berbagai macam cara biar ngirit.

Ticketing

tiket domestik china bisa didapat di elong.net maupun 9588.com yang anehnya lagi nih website harganya semakin mendekati hari keberangkatan harganya semakin murah, dan lucunya lagi website dengan bahasa mandarin harga ticketnya sedikit lebih murah. teori kita mungkin website yang berhasa inggris akan lebih mahal karena musti ngebayar translator hehehe.

karena banyaknya credit card freud di china, makanya ngga heran untuk pembelian dengan menggunakan credit card indonesia atau international (bukan keluaran bank china) itu credit card harus di scan atau di foto komplit dengan tanda tangan kita. lumayan ribet juga sih.

Hostel

yup, it’s not Hotel it’s Hostel. referensi tergampang masuk ke website hostel.com, dan hostelworld.com disitu buanyak banget hostel disediakan. cukup register, siapkan kartu kredit, bayar booking (10% dari total bea penginepan), print, selesai dah. Tips: pada saat melakukan pembayaran, pergunakan mata uang setempat, karena di negara tujuan harga bookingan hostel akan di convert dahulu ke mata uangnya, bukan USD, dan cari daerah terdekat dengan subway, ini untuk lebih mudahnya mencari di peta.

Bahasa

ini nyang paling seru. dari kita ber-empat kaga ada nyang tahu bahasa mandarin, ni hao aja ama xie xie, selainnya ? blank pisan! cuman disini seninya. berbekal buku Lonely Planet Beijing (yang pastinya ada huruf pin yin nya) dan nge-print berbagai macam informasi, dari berbagai macam milis dan website – tentunya nama tempatnya harus menggunakan huruf pin yin. jadi kalo kesasar kita tinggal nunjuk aja yang kita mau tuju. pasti nanti ditunjukin. lalu apakah cara ini menolong? cukup aman. meskipun dengan sekuat tenaga kita musti bisa menterjemahkan. karena mereka juga bakalan nunjukin jalan dengan bahasa mandarin!

Transportasi

beraneka macam transportasi kita dah lalui mulai dari yang tertata rapi di MRT Singapore, MTR KCR Hong Kong, Metro di Shenzhen dan ruwetnya Subway di Beijing. meskipun kesan nya ruwet sampai kita capek naik turun Subway di Beijing (ada 13 line yang bentuknya menyerupai spider web – persis seperti situasi kota Beijing dengan berbagai macam Ring) namun tetep saja nyaman. nyang musti di-inget adalah, kita musti tahu pintu exit terdekat disetiap subway. berkali kali kejadian salah keluar pintu subway harus muter sepanjang jalan kenangan dan akhirnya ndak ketemu. hehehehe. satu subway bisa sampai 5-7 exit. ini yang ngebikin lama kalo naek subway. jalan kaki ke pintu “exit”

kalo mau agak cepet lebih baik menggunakan taksi. Di Beijing semuanya menggunakan meter kok jadi jangan kuatir lah. cuman musti tau nama tempat dalam huruf pin yin aja.

Cuaca

kita berangkat kesana dalam keadaan winter. apa pasal jalan jalan pas winter? ngirit baju, cukup satu baju plus jacket tebal. tetapi apa cukup cuman satu baju dan jaket tebal bulu bulu? salah besaaaaarrr. -8 sampai -14 bukan main dinginnya. butuh sarung tangan yang windproof, celana double, long john (baju hangat terusan seluruh badan), kupluk atau topi dan tutup kuping. itu kalo mau jalan jalannya nyaman dan foto fotonya enak.

Makanan

makanan? ngga tahu kenapa lidah gua pas di Beijing kok semuanya berasa sama aja yah? nothing special. bahkan nyobain roast duck pun teuteup sama dengan di Jakarta, malah gua musti merogoh kocek 100cny seporsinya. cuman serunya sih jutru nyobain makanan di Hutong (gang gang kecil di Beijing namanya Hutong), sarapan paginya ca kue, bubur dan kembang tahu. Ca kue juga juga dijual di KFC. kalo di Mc.D andalan kita adalah hash brown. justru makanan pinggir jalan lebih enak nurut gua, sepeti sate sate bakaran di wang fu jing street. itu gokil banget rasanya so spicy.

Persiapan

persiapkan buku buku petunjuk, print peta, lonely planet (it’s a must kalo ndak mau kesasar) – atau buku buku traveling komplit dengan huruf pin yin yah. dan yang paling penting adalah kalkulator! buat nawar dan tanya tanya.

Nyali Nekat

yup, musti nekat. apalagi ke negara antah berantah, faktor X ini sangat perlu. bukan apa apa kalo ngga nekat ngga bakalan nyampe ke Beijing. nekat ngga ngerti bahasa, nekat ngga punya domestik tiket, nekat uang pas pas-an, dan nekat menembus cuaca dingin bak berjalan didalam freezer.

okay lah, cukup buat basa basi nya sekarang langsung aja lanjut ke cerita perjalanan ajaaa.

*catatan: di setiap catatan perjalanan backpacking ini banyak link link foto foto diselipannya, namanya juga narcis biar gampang ngeliatnya silakan di click aja*

11 thoughts on “Backpacking China

  1. wow….keren…berpetualang ala backpacker ke china, g jg pernah k china (shanghai), niatnya sih ga ngebackpack, tp disana jg ga pake guide, jd dr mulai cr hotel, tempat konferensi, smp makan berhaha hihi sama si enci n engkoh aja…seru…seru..

  2. pak, mo tanya, web yg untuk pesen tiket pesawat domestik di china itu bisa dipercaya ya? tiketnya nanti dikirim via email ya? terima kasih.

    1. terpercaya tapi gak segampang itu, musti verifikasi kartu kredit dsb. China terkenal dengan freud Cc. paling gampang… nyampe di China langsung ke travel agent terdekat atau ke airport beli tiket. dengan patokan harga dari website itu.πŸ™‚

  3. Kak mo tanya, itu kakak habis brapa lama dari jakarta mpe balik ke jakarta lagi?

    Total biayanya brapa?
    Trus biaya transportasi satu kali jalan brapa? dari yg ferry mpe kereta, dll itu..?

    thankyouuu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s