tips dan trick backpacking Sydney

5. gak usah kecentilan bawa lauk pauk, atau abon atau apalah yang aneh aneh, karena pasti bakalan masuk declare, bawa obat pun kudu ati ati, kalo obat dari apotek resep dokter, sertakan juga resepnya. (info: PDF file custom declare)

6. bea transport disana di bedakan mau per hari, per minggu, per bulan, dan area nya mau mana aja. kalo seputaran city aja 

7. bea telpon dan internet gw pake optus $2/day unlimited internet, unlimited telp dan unlimited sms ke nomor lokal (berguna buat nelpon taksi dan pesan makanan) 

Img_1531

8. hostel gw kemaren pilih 790 on george, murah dormitory $32/night. ada yang lebih seru lagi di YHA hostel. jejeran tempatnya. lokasi kedua backpacker itu di city. dekat dengan paddy’s market dan keriaan malam hari. cukup aman area nya. dan hostel ini cukup laku jadi kalo mau booking mendingan jauh jauh hari.

Img_1537

9. bea makan kalo mau murah pas jalan berdua, adalah SHARE! karena porsi makan di ostrali itu sungguh sangat akbar. misalnya makan nasi di food court (biasanya ini yang jualan chinese atau asia) beli aja dengan 1 atau 2 lauk harganya max $11 itu dah bisa buat makan berdua. kecuali memang kelaperan banget :p

10. bawalah tempat minum, atau beli botol minum mineral sekali trus isi berulang di tap water atau di keran air gratis. kalo masih gak tega minum air keran ya siap siap ngerogoh kocek $3 buat 600ml mineral water. (lebih murah harga susu 1Lt cuman $2.75 di seven eleven)

11. ambil brosur di airport atau di manapun, biasanya yang berbentuk booklet, di bagian belakangnya banyak potongan diskon. mayan lho

Img_2094

12. colokan di ostrali miring yah, bisa beli di airport pas kedatangan harga $10.59 merk korjo. atau beli di city di seven eleven banyak kok 

Img_1540

ya gitu aja sih, dan catet aja semua pengeluaran buat apa aja buat menekan budget, bekpeking ke sydney itu gak murah hahaha… cheap flight but not living cost in sydney😀