newcastle

perjalanan yang kudu di tempuh adalah 3 jam dari central station sydney. yup cukup menggunakan kereta aja dari sydney ke newcastle. itung itung menyusuri pegunungan. ngga tahu harga tikete berapa karena gw pake multicard 3 yang unlimited selama seminggu keseluruh belahan NSW semua moda transportasi. kalo untuk di seputaran city aja biasanya $4.30 oneway. 

berangkat jam 8:30 sampai jam 11:56 langsung mencari makan di seputaran city. Newcastle is second largest city in the state of NSW and sixth largest in Australia. jadi layak di kunjungi. meskipun begitu moda transportasi dalam kota nya masih menggunakan bus. 

jadilah jalan kaki aja mengexplor city, beli makan di noodle box seharga $11 (kwetiau goreng extra cabe, nambah lagi $0.5 alias 5 sen buat beli cabe nya aja) langsung di tenteng ke newcastle beach. kalo ke city jangan lupa ke Queen’s Wharf Tower. gw gak sempet foto.. lupaaa😦 malah nyempetin foto fotoan di Fort Scratchley. 

newcastle beach, ngga begitu bagus nurut gw mah. cuman tetep karena terawat rapi jadinya enak aja buat nongkrong sekedar menatap laut :D