swedish house mafia jakarta

swedish house mafia jakarta

Dari awal dipegang marrygops gw udah curiga ini event bakalan jeblok. Ngga bakalan sesukses tiesto yang pada saat itu di pegang mata elang. Atau event armin van buuren yang datang berkali kali ke indonesia dan sukses berat dengan banyak nya pengunjung yang datang. Promo nya kurang. Memang baliho dan media ad ada dimana mana, tapi interaksi dan informasi yang diberikan oleh EO nya kurang banget. Halaman web EO hanya menjual ticket. Ngga di berikan kejelasan siapa itu swedish house mafia, gimana konsep acaranya di negara lain, gimana nanti di jakarta, dll. Buat para raver yang (mungkin) gak kenal siapa itu SHM merupakan informasi penting. Apalagi kalo ada teaser teaser SHM di negara lain seperti apa party nya dijamin banyak yang pengen datang. Kesalahan lain? Ngga ada interaksi sama sekali di facebook ataupun twitter. EO blum menggunakan twitter secara maksimal. Mereka update timeline nya mirip sebuah robot. Di tanya ngga pernah jawab, di tanya email ngga pernah bales, nulis di wall facebook pun sia sia.

Shm2 Shm3

Harga tiket yang di patok cukup standard international rave. 500rb untuk miami zone, 1jt untuk ibiza zone. Apa yang membedakan? Ngga ada yang tahu di awal penjualan tiket. Mereka hanya memberika map standard kalo ibiza zone itu semacam vip tapi versi standing. Sementara miami zone itu versi kelas 1 kalo di konser indoor. Lalu selain itu apalagi dapet nya? Ngga ada kejelasan apapun di web, twitter maupun facebook sampai 3 hari terakhir menjelang rave. Apakah kita dapet special landyard? Apakah ada toilet khusus? Apakah bisa bayar pake cc? opening artis nya siapa? set time nya bagaimana? Dan banyak pertanyaan lain yang gak terjawab hingga menjelang hari H. Jadi serasa kita beli tiket 1juta tapi ntah dapet apa.

Shm4

promotor/EO gw rasa masih belum menggunakan media social online untuk promosi dan teaser nya. mungkin kebanyakan event yang lain?jadi event SHM terlupakan? lebih mentingin artis korea karena memang animo nya lagi hits pisan. semua yang berbau korea pasti laku.

setelah kejadian banjir melanda kamis 17 january 2013, sempet was was juga, apakah jakarta masih di landa banjir? gimana akses ke ancol nya? gimana venue nya? ternyata semuanya masih tetap sesuai rencana. SHM tetap datang, promotor juga memberikan info jalanan masuk ke ancol biar ngga terjebak banjir.

tepat jam 9 malem kita berempat memasuki arena, ngga ada kesusahan antrian, mungkin karena masih sore hari. jadi lancar lancar aja, denger denger setelah jam 10 malem antrian panjang masuk ke venue karena pintu masuk hanya 5 sementara yang datang ribuan, dibutuhkan sekitar 30 menit untuk bisa masuk ke venue… fuuuhh.

sebagai pemegang tiket ibiza seharga 1juta rupiah lokasi kita ada di sebelah kiri panggung, berkumpul jadi satu dengan VIP area, yang membedakan VIP area adalah duduk dan tertutup sementara ibiza VIP berdiri. Miami zone berdiri tepat di depan panggung. keadaan ibiza maupun miami ngga jah beda. lumpur dan becek. agak menyesal juga sebenere beli ticket ibiza. karena perbedaannya dikit banget. pemilihan tempat di ecopark juga gw rasa agak agak salah di musim penghujan ini, tingkat kebecekan yang sangat prima! kalo di pantai carnival mungkin masih lumayan ada pasirnya atau setidaknya bisa padet tertutup pasir. lha ini tanah liat merah, awet lah beceknya.

Ba9lrkfcmaaart7

ibiza zone – 1 bar, 1 penukaran voucher, 2 bar khusus VIP, toilet yang di bedakan cowo dan cewe. lokasi nya miring, ngga ada seating deck yang memudahkan kita untuk meliat langsung ke panggung. alhasil penonton VIP dan ibiza kalingan tiyang aja gitu.

miami zone – 2 bar, 1 penukaran voucher, 1 toilet yang tempatnya jauh.

opening act local heroes nya ada DJ Bobby, Winky, Bone, Mike Morran, Six Pratama, dll. paling gw demen pas bone, mike morran dan winky aja. set nya seru lumayan pumping sebagai opening act. nah… tepat jam 12:30 pagi, setelah set nya winky, ada jeda istirahat buat ngeset stage nya SHM. tapi, sama si promotor di puterin lagu chill out. hadeeee, langsung ngedrop se-ngedrop nya, sembari menunggu SHM kita mau beli voucher minum, ternyata antriannya menggila. kita pindah ke miami zone buat beli voucher ngga jauh beda. OMG. yang paling parah, jam 11 malem bir sudah abis di ibiza zone. voucher minuman itu ada 3 harga, 30rb untuk air mineral, 50rb untuk bir, dan 70rb untuk mixer. lha kalo punya voucher 50rb ngga bisa di pake buat apa cobak? marah ngomel di depan voucher booth ngotot gimana caranya biar bisa kepake itu voucher. yang jaga voucher juga ngotot nyuruh kita nyebrang ke miami zone demi sebotol bir. jelas gak trima. akhirnya setelah pake otot dan urat petugas voucher nya nyerah, nyuruh kita ambil beer di VIP bar (yang seharusnya di khusus kan buat VIP)

kenapa antrian penukaran voucher minum bisa antrian nya penuh di ibiza zone yang nota bene pengunjunh ibiza ngga terlalu banyak? karena campur dengan VIP. jadilah rusuh serusuh rusuh nya umat. VIP ngga punya penukaran voucher sendiri. gila abis.

kesalahan gw adalah sudah pernah menonton SHM di FMF brisbane, yang sungguh sangat megah nan mewah itu. jadinya menonton SHM di Jakarta berasa biasa aja, tapi tetep aja lebih enakan nonton di negara sendiri kok🙂 cuman yang paling sangat menyedihkan dan (rada) mengerikan saat fireworks di tembakkan, fireworks pertama kena di lampu atas stage dan bikin lampu mati. tembakan fireworks yang kedua kena lampu lagi kali ini bikin terbakar. AMSYONG! kalo kebakar panggungnya gimanaaaa.

pukul 2 pagi keadaan udah packed banget di sertai hujan lebat teramat sangat. raver yang udah kadung basah ya hajar aja secara ngga ada tempat berteduh juga. kita langsung mengeluarkan ajian poncho yang sudah di beli di toko sebelum masuk ke venue. berguna juga nih poncho bisa terusin joged dah.

closing SHM di tutup dengan lambaian bendera merah putih di panggung dan sembari berucap “thank you for happiness thru this night of “burning stage” at ravestorm” aeeeeh… SHM juga parno soal panggung yang kena fireworks. tapi emang lumayan serem. untung ya gw sadar sesadarnya pas ngeliat ada kebakaran (kecil) itu. cuman kan ngga lucu kalo pas ujan ada kebakaran panggungnya.

Shm9

selesai SHM kita langsung membubarkan diri ngga nerusin dengerin bobby stadium, cukup lah di dragon city ngedengerin kamu mas bob. ngga pas rasanya di rave gini :p anyway, thank you buat SHM dan local heroes buat 1st rave party di tahun 2013. meskipun promotor nya rada kurang persiapan dan masih mentah pisan buat ngadain rave. bisa belajar lah ama event sebelumnya, ada DWP, Djakarta Movement, heinekken thirst, fatboy slim, dash berlin, dll.

iya review gw ini lebih ke promotor/eo nya, kalo review artis, genre atau tuduhan mix tape SHM, biarlah yang lebih mahfum soal music. gw cuman penikmat rave yang pengen dateng party seneng seneng jumpalitan with my friends. kalo suasana party enak, meskipun music nya ngga nendang dijamin tetep menyenangkan kok.🙂 just my 2 cents.

thank you swedish house mafia and all the local heroes

Bak9qvvcmaawboj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s