IMG_0347

persiapan traveling ke jepang

berawal dari ke isengan 9 bulan yang lalu Garuda early bird promo ngecheck ada penawaran ke tokyo dengan harga hanya $400 return dari Bali. *jreeeeng* langsung mata jereng bekepin kertu kredit. dalam hitungan hari langsung muter check semua website (terutama) budget flight untuk perbandingan harga. ternyata harganya sama! langsung woro woro ke temen gw yang punya kertu kredit bisa dicicil 6 bulan dengan bunga 0% (mayan lah ngebantu pisan) buat ngebookingin ticket. kapan? dipilihlah pada waktu cherry blossom atau pas sakura mekar. PR juga nyari informasi dulu dari tahun ke tahun kapan waktunya kembang sakura mekar. beruntung dalam rentang waktu seminggu browsing dan searching information, masih ada ticket nya. dengan harga $400 return Garuda. ya wis lah terbeli sudah ticket garuda indonesia DPS – NRT – DPS tanggal 29 Maret – 14 April. cukup lah 2 minggu traveling ke jepang.

bulan January mulai mencari mencari informasi mengenai jepang. mulai dari lonely planet, berita, website, miling list, tanya di twitter timeline sampek wawancara lewat whatsapp dan imessage. makasih buat @olerinka yang udah ngasih segebok brosur, @babysmurf dan @rikaokd yang udah rela di gangguin di imessage dan whatsapp, @qronoz yang rajin dikirimin DM di twitter, serta mas ahmad takbir yang sudah merelakan waktunya buat di tanya tanya. doakan saya selamet aja dah. beli lonely planet tokyo pas kebeneran lagi jalan ke sydney, satunya lagi lonely planey kyoto via bookdepository, online. lebih muraaah! dari kesemuanya ini time consuming memang bikin itinerary. gw paling ngga bisa traveling tanpa itinerary. pengen sih pergi ke suatu tempat tanpa itinerary, just hop in hop on. tapi dengan dana yang ngga sedikit masa iya mau kesana tanpa persiapan sama sekali? sooo not me.

perkiraan budget bea hidup disana (tanpa ticket pesawat) selama 14 hari dengan kereta JR pass sekitar 11juta rupiah. itu dengan kondisi makan murah, kamar hostel, dan tempat wisata juga cari yang murah. ya semoga gak membengkak dari budget. udah dipersiapkan aneka apps dari iTunes store. ada lonely planet, hyperdia buat train, dan tentunya app expense. agak was was juga, tapi berhubung kita rame rame ya setidaknya kalo pun kere ngga sendirian😀

bulan february mulai lah keribetan di awal yakni mencari hostel. kami satu rombongan ber tujuh. ada dari jakarta, benete bay, dan perth. semuanya kumpul di Bali. ada yang memang doyang traveling dan ada yang cuman sebagai penggembira (ngga peduli apa apa pokoknya pengen ikutan, ngga baca itinerary, berasa ikutan tour pokoknya, ngga mau repot). serunya? ngurusin dan nyari penginepan buat 7 manusia itu ngga gampang. tentunya pilih dormitory lah. gw usahakan pesan dari hostel.com atau hostelworld.com kenapa? karena hanya bayar 10% buat DP nya aja. nanti sisa nya bayar di tempat. jadi pengeluaran awal bisa di tekan. budget nya hanya 300rb perkepala permalam. ngga boleh lebih. sebagai negara termahal di dunia gw kudu bisa ngirit. ngga mungkin juga nginep di hotel dengan tampang kere hore backpacker gini.

IMG_0347

bulan maret applying visa. berhubung paspor gw beralamat yogyakarta, maka yuridiksi nya ikutan jakarta. aneh memang visa jepang nih, di kerjain berdasarkan yuridiksi wilayah. kesemrawutan dimulai disini. paspor dan foto sudah gw kirim sebelumnya ke temen gw di jakarta. jadi tinggal melengkapi surat surat lain di benete sini yang kemudian dikirim ke jakarta.

1st attempt visa : setelah semuanya ok, mulai dari surat sponsor, buku tabungan, dan segala macemnya, dikirimlah ke jakarta. pas di terima ama temen gw di jakarta, ternyata ada kesalahan. surat sponsornya kepada yth konsulat jepang bali! waduh… padahal yang namanya surat sponsor kan susahnya minta tanda tangan ama HRD. ya wis demi kelancaran mari menuju kantor HRD buat minta ulang suratnya.

2nd attempt visa: temen gw ternyata ngga bisa ngurusin sendiri pembuatan visa. alhasil minta bantuan travel lah buat urus ini dan itu. dengan hanya bea 450rb di tanggung beres. murah lah. daripada gw harus bolak balik benete bay – jakarta. mendadak sore hari dapet kabar kalo paspor nya di reject! WOOT??!! kata konsulat kudu apply di bali karena masuk yuridiksi bali. lha? padahal paspor gw keluaran yogyakarta yang nota bene kudu di urus di jakarta. PUSING STRESS gimana itu ceritanya paspor kudu dikirim balik ke benete bay. hadeh… travel agent nya mulai juga bingung, kemudian dia buka dan baca dokumen gw pelan pelan. ternyata….. KTP gw mataram NTB, mungkin itu yang ngebikin paspor di tolak, karena pihak konsulat ngeliat KTP. super ruwetnya adalah KTP mataram, paspor alamat yogya tapi penerbitan paspor di mataram, dan surat sponsor kerja dari benete bay. DUEEEENNGGG. segeralah telpon bapak di rumah buat motret KTP dan ngirim via email. (untungnya yang di butuhkan hanya copy KTP, ngga ngerti deh kalo kudu KTP asli). proses mengirimkan KTP via email ini pun penuh perjuangan. gimana cara nya ngajarin bapak buat motret trus nge-attached via email! huwooooowwwww… pihak travel juga dengan inisiatif prima menyarankan agar surat sponsor pake kumpeni alamat jakarta biar lebih meyakinkan lagi. terserah deh, manut demi visa jepang di tangan. akhirnya dalam waktu 4 hari kerja visa langsung selesai! HOREEEEHHHH.

soal apply visa ini ngga jauh beda dengan temen temen gw di jakarta, ada yang ngulang karena buku tabungannya kurang, atau ngulang surat sponsor nya karena salah format, dan yang paling epic adalah, ngulang foto! alesannya? fotonya nyengir keliatan gigi alias senyum lebar. *ngakak guling guling*

jadi selama 14 hari kedepan insya allah jika wifi memungkinkan bakalan update flickr dan wordpress perjalanan yang menarik setiap harinya.

IMG_0351

8 thoughts on “persiapan traveling ke jepang

  1. kemarin ngobrol sama temen di surabaya, kalo ke jepang memang biaya hidupnya mahal. temen surabayaku ini 1 minggu habis: 9 juta. gak tau itu udah termasuk tiket pesawat ato belum. asiknya backpacker ke negara lain memang rame2 yah mas? ditunggu reportnya!😀

    1. Wah aku sih ndak pernah bikin 😜 yg pasti dihitung cuman pengeluaran buat tiket, penginapan dan masuk ke tempat museum (kalo ada bea)
      Pengeluaran terbesar adalah gatel cobain jajanan dan makanan 😜

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s