IMG_0855

day 7 – kiyomizudera, ginkakuji, maruyama, gion

IMG_0951

IMG_3853

IMG_3851

akhirnya menjajal shinkansen! boooyaaaaahhhh. JR rail pass nya mulai berlaku hari ini. senang nyaaa. yang selama ini cuman mendengar ceritanya, membaca beritanya akhirnya sempet ngerasain juga yang namanya naik shinkansen. tujuan kali ini ke kyoto. seharusnya kita pesen tempat dulu biar nyaman. namun kaerena masih newbie jadinya ya ngga pesen tempat. alhasil mengantri di gerbong 1-5. kita pilih gerbong 3 di tengah tengah, jadi kalo penuh bisa pindah gerbong yang lain. jangan kuatir, masuk nya ngga berebutan model naik kereta di negara lain. disini ya antri. jadi ngga pesen tempat duduk pun tetep nyaman. berangkat dari tokyo station komplit dengan backpack dan tentengan tas paperbag di pagi hari kita mengantri. kita naik hikari train jam 8:20 posisi duduk nya 3 – 2 dan ada colokan listrik buat ngechage iphone atau laptop. bersih, nyaman dan lega pisan. sekali lagi, ngga boleh ngebunyiin ponsel bunyinya emang gengges kali ya, jadi selama perjalanan di jepang ini gw ngga denger bunyi apapun dari sebuah ponsel ntah itu ringtone maupun notifikasi. semuanya di silent.

IMG_0800

IMG_0818hotel yang kita tempatin adalah santiago hostel, langsung drop aja tas disitu. anehnya kita ngga disuruh ngurus admin atau apalah, langsung aja naroh tas trus ngabur makan. secara laper pisan. perjalanan ke hostel ini lumayan gampang. menggunakan bus. transportasi di kyoto 100% paling mudah menggunakan bus. gunakan bus pass sehari Y500 silakan di pake sampek bego. kalo sekali naik Y220. lumayan ngirit banget lah. pertama kalinya agak agak bete juga naik bus. secara bus nya penuh dan kecil, semacam kopaja kali ya? pokoknya masuk deh semuanya. bayangkan dengan menenteng tas ransel dan umpel umpelan. kalo bawa koper gede mendingan naik taksi deh mahal dikit ya resiko, daripada ribet nyeret nyeret di dalem bus. lama kelamaan ya biasa aja sih akhirnya naik bus, apalagi sekedulnya di peta sesuai dengan urutan bus. jadi ngga ngawur. bus disini naik dari belakang, kemudian keluar dari depan (supir) dengan memasukan koin, atau masukin kartu pass ke mesin, atau nunjukin kartu pass.

IMG_3870tujuan pertama yang deket hostel itu komplek temple kiyomizudera, walking distance aja. deket banget ama hostel. jalanan nya memang rada nanjak, sempet mampir makan siang di sepanjang perjalanan menuju temple. makanannya ngga enak sih, cuman buat ngisi perut aja dari pada masuk angin. tempatnya kecil tapi ya rame. satu orang kudu pesen makanan, ngga boleh sharing (ih … ngga ngerti kita kere hore apa yak) untungnya murah makanannya.

IMG_3912cuaca cerah banget, bahkan sangat panas di kyoto siang itu. dan kiyomizudera sungguhlah sangat sangat ramai, edan turisnya banyak bangeeet. sampek ketemu ama turis dari canada yang gengges pisan, minta di foto sampek berjuta kali. ya mungkin kalo sekali jepret trus burem kan ngga bisa di ulangin lagi, cuman riwil dan ribet. sakura di kyoto lagi full bloom jadi kiyomizudera terlihat cantik pisan surrounded with sakura. every spot. selesai ritual pengabadian gambar jalan kakilah menuju higashiyama distrik. ini konon nama lain nya old kyoto, cuman kanan kiri toko semuanya dan manusia banyak banget. jangan harap bisa liat arsiteknya old kyoto dah, kalo mau sepi ya bertandang kemari di pagi hari sekalian jalan jalan kali ya.

IMG_3929naik bus kita ke ginkakuji, atau silver temple. temple atau shrine di kyoto ini demen banget dengan rock garden. jadi taman isinya batu batuan yang di tata sedemikan rupa. ngga ada taneman apapun selain batu. kesannya kosong, namun nyeni, soale batu batu nya mirip sawah, di bajak gitu kali ya, lurus kotak kotak. kita sih girangnya bukan ngeliat templenya tapi ngeliat sakura banyak banget, apalagi menuju temple honen-in di sepanjang sungai nya banyak pisan itu sakura. walhasil jadi spot foto turis. well, i love spring!

IMG_0843

IMG_0846rencana nya ke maruyama park mau naik bus, tapi yasalam antrian naik bus nya panjang bangeeeeeeet. sampek bingung ngeliatnya, ini trus mau naik jam berapa cobak. waktu sudah jam 5 sore. akhirnya pecah telor! naik taksi biar cepet, setelah di putus kan dengan melihat peta kalo marumaya park ngga terlalu jauh. agak deg deg an juga menatap argo. taksi di jepang macem macem harganya, ada yang sekali buka pintu Y730 ada juga yang Y660 tergantung dari jenis mobil kayanya. taksi yang gw naikin sore itu toyota crown dengan seat cover renda renda warna putih bersih. berasa anggota kerajaan jepang jadinya😀. lalu berapa bea yang harus di tebus? cukup Y1050 saja, sekitar 100ribu rupiah lebih dikit lah. untuuuung kirain kudu bayar Y2000an. taksi memang terkenal sangat mahal di jepang. jadi pakailah kalo bener bener kepepet.

IMG_4046di maruyama park hanami nya menggila, banyak banget sakura dan manusia nya banyak pisan nongkrong dengan bahagia cengengesan. pengen juga ngerasain hanami’an kita pun ambil table di warung  sekitar maruyama park. dengan harga table Y500 (belum termasuk makanan) kita pesen hot sake Y700/botol. rasanya macam minum air tape anget, karena cuaca dingin ya jadi ngga berasa mabok lah wong cuman 2 botol mungil. memang aura nya beda kalo nongkrong di bawah kembang sakura, ngga tahu kenapa berasa fun aja. gak terasa jam sudah 6:30 kita kudu balik ke santiago hostel dulu untuk check in, kalo ngga ya ndak dapet kamar. maximum check in jam 8 malem soale. padahal masih pengen nongkrong disitu apalagi cuaca nya lagi enak pisan.

IMG_4051melewati yasaka shrine yang banyak banget lampion nya nyala di malem hari super cantik! tentunya ngga melewatkan buat photo photoan sejenak. street food all the way menuju bus station. tetep lah membeli karage alias ayam goreng di dalem cup, dengan harga Y500 sekali lagi, terlalu banyak jajanan di kyoto ini. menyebalkan, jadinya sedikit menguras budget. sampai di hostel santiago ternyata kita ngga dapet kamar yang di janjikan. karena kondisinya penuh. sementara kita udah booking dari booking.com. mereka menawarkan solusi buat tinggal di rumah owner mereka yang letaknya ngga jauh dari hostel, diskon harganya lebih murah Y1000. ya jelas lah kita mauuuu. apalagi tidurnya pake tatami guling gulingan di bawah. akhirnya ngerasain juga tinggal di rumah jepang🙂IMG_9349

IMG_2234kelar masuk masukin barang dan di ajarin gimana cara ngidupin air panas dan toilet nya yang mewah bisa buka sendiri dudukan nya itu, langsung tancap gas kita berburu geisha di gion. sebelumnya meributkan soal makanan, yang satu nya pengen A yang satunya lagi pengen B. ngga nemu juga udah menyusur jalanan yang ada malah bengong di jalanan. ya wis daripada suasana ngga enak, semuanya cuman ngomong makan “terserah” langsung aja ke gion. nongkrong di jalanan yang banyak geisha nya di hanami- koji street. pertama sih sepi sepi aja, kita udah yang hopeless, secara udah malem, palingan mbak mbak geisha udah ngga keluar keluar lagi. eh ngga dinyana nyana, ada yang keluar dari taksi, ada pula yang keluar dari rumah. ini gang berasa gang dolly yang tertutup. dan setiap geisha yang keluar langsung di potret ama turis. lampu flash dimana mana. awalnya sih seru aja ngeliat dan ngejar ngambil gambar, lama lama kok kesian ya? ya mereka juga nyari duwit alias kerja. malem ini kita berubah jadi paparazi dengan kamera murah, jadinya kurang maksimal ngambil gambarnya.

IMG_0883capek ngejar ngejar dan motret geisha kita memutuskan makan malem nya beli di lawson dan di makan di common room hostel santiago. segala aneka rupa sushi, camilan, minuman sake, sampek wine sakura di beli. seru juga makan seperti itu, ngirit dan lebih akrab. cuman langsung dilirik ama tamu lain, ya kita brisik pisan bertuju riwil ngomong semuanya. ya maap.

foto foto flickr bisa di click

2 thoughts on “day 7 – kiyomizudera, ginkakuji, maruyama, gion

  1. nah itu tuh, moto geisha/geiko itu pengen banget.
    tp ngeliat fotonya emang mereka ga marah ya banyak kamera jepret sana sini gitu? katanya mereka agak tersinggung klo difoto sama turis

    1. Asal cuman motret aja ya. Jangan sampek ngejar ngejar macam paparanzi mereka masih ok kok. Cuman memang gerakan mereka cepet dan kadang kalo yg mahal mereka ada body guard nya yang bantu nutupin dan langsung naik mobil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s