IMG_1101

day 11 – nara, atomic dome hiroshima

Tadinya kita pikir nara itu deket dari Osaka, ternyata perjalanannya hamper satu jam dengan menggunakan kereta JR. bukan shinkansen sih, ngga heran jadinya lama di perjalanan. Apalagi banyak melewati station. Senengnya kita melewati gunung dan pedesaan jadi view nya tetep enak lah. Bisa melihat sisi lain jepang. Perjalanan ke nara ini bener bener di kejar waktu, maklum sore hari kita sudah harus sampai di Hiroshima.

IMG_2546Sampai di nara langsung antri ke informasi turis. Di terangin kalo ke nara itu jalan kaki aja untuk menyambangi temple dan shrine. Tetapi, sebelum ke sana di sarankan ke tourist information di seberang untuk memakai yukata. Gratis! Atau kalo mau ikutan tea ceremony cukup membayar Y200. MAJU JALAN! Denger kata gratis buat travel kere macam kita ni sebuah anugerah. Sampai disana langsung di layanin oleh ibu ibu disitu buat di dandanin. Yang cewe di kasi kembang kembang juga di kepalanya. Inget ya itu semuanya gratis! Yang ada kita ngga enak sendiri, masukin lah sekitar 600 ke kotak amal. Itung itung buat bea laundry mereka. Bukan apa apa, meskipun gratis, ibu ibu ini segenap hati sekuat tenaga melayani kita. Bahkan ada temen yang ngotot pake yukata warna biru di bujuk pake warna yang lain karena yang warna biru lagi di pake :p

IMG_1092Memang sik lokasi buat photo photo kurang memadai, tapi ya namanya juga gratis dan ini fully supported by tourist dept nara. Jam sudah menunjukan pukul 12:30 aaaak! Kayanya ngga mungkin kita meneruskan menyusurin jalanan buat ke shrine atau temple. Di putuskan lah untuk segera makan siang dan lanjut ke shin Osaka dan meneruskan perjalan ke Hiroshima. Nara itu kota nya menyenangkan, sepi, jalanan nya berasa komplek. Ngga seriuh kota kota yang kita lalui sebelumnya. Sayang kita ngga sempet explor karena waktu yang terlalu mepet. Judulnya ke nara cuman mau pake yukata aja, dan inget… gratis😀

IMG_1101Kereta ke Hiroshima ini sungguhlah mewah dari Osaka. Tempat duduk nya dua dua dengan kombinasi kayu berasa naik pesawat bisnis class. Kirain ini gerbong untuk green card (VIP nya JR Rail pass) ternyata engga. Memang sakura shinkansen ini Juara pisan lah interiornya. makanan yang di jual ngga cuman minuman hangat atau dingin, tapi ada instant noodles, juga makanan berat. Mungkin karena tujuannya jauh ya.

IMG_4807Kalo di Tokyo transportasi dalam kota menggunakan train, di Kyoto menggunakan bus, di Osaka menggunakan JR train, nah di Hiroshima menggunakan tram! An old tram! Jadi melihat pemandangan dalam kota lebih menyenangkan. Setelah drop semua barang barang di hostel J hoppers, langsung ke atomic dome. Atomic Dome ini tempat dimana tepat bom Hiroshima di jatuhkan di atas nya, bangunan ini pula masih asli. Yang tersisa jadi saksi bisu bom Hiroshima.

IMG_4744 IMG_9618 IMG_9614Di area atomic dome yang sangatlah luas ini bisa buat jogging track sebenere, enak banget. Tapi ya kalo cuaca dingin begini dengan kaki kapalan itu sungguhlah sangat menyiksa. Suasananya berasa tua dan kuno ini kota. Selesai photo photo secukupnya kita pindah tempat ke sogo! Bukan mau belanja baju tapi nyari makanan bento box. Setelah muter muter hamper 15 menit, apalagi di kejar toko mau tutup, toko di Hiroshima tutup jam 8 malem. Kita putuskan untuk makan di luaran aja, yang lebih hangat dan berkuah kuah mungkin. Ngga sengaja menemukan ootoya. Harganya masuk di akal, lebih murah di banding ootoya di Jakarta (yaeyalah). Antri ngga pake lama, langsung duduk manis menutup malam pertama di Hiroshima dengan menu ikan.

foto foto flickr bisa di click

IMG_4783 IMG_1123

5 thoughts on “day 11 – nara, atomic dome hiroshima

  1. Hi..salam kenal..nama saya Meyri..Thank u bgt blognya sangat berguna utk saya yg berencana akan pergi ke Jepang bln April besok. Btw yang mo saya tanyakan, tourist information center di Nara yg menyediakan yukata/kimono gratis itu dkt stasiun apa ya? Stasiun Kintetsu ato Stasiun JR Nara? Terima kasih🙂

  2. Kaki kapalan waktu ngetrip backpackeran itu selalu kejadian juga ma gw..hahahah..padahal dah pake sepatu sport paling nyaman, pake boots buatan Eropah buat ngetrip juga pernah..tapi tetep kapalan. Analisanya karena diforsir jalan sehariaann. Btw Nara itu templenya bagus plus rada spooky, gw hampir nyasar pas mau pulang malah jalan ke arah hutan di atas gunung padahal kata temen gw dah dipanggil-panggil kenceng banget tapi gak kedengeran. Sampe pas udah semakin jauh dan gelap gw baru nengok ke belakang dan lihat temen lagi jongkok dikejauhan lelah meneriaki gw..Fiuhhh..lega masi bisa nengok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s