IMG_4924

day 12 – hiroshima museum, miyajima

mengingat perjalanan ke miyajima butuh waktu yang agak lumayan, jadi kita pagi pagi pas museum baru aja buka langsung masuk. dengan hanya membayar Y50 saja kita bisa kembali melihat masa silam sejarah, awal mula kenapa ada kejadian bom atom hiroshima, kenapa amerika akhirnya memutuskan untuk ngebom hiroshima dan nagasaki. suasana di museum itu biasanya kita seneng yang ada penuh dengan kesedihan. mulai dari miniatur perkiraan jatuh nya bom, hingga bagaimana efek efek bom tersebut. bagaimana sebuah bom atom bisa membinasakan sebuah kota beserta warganya dalam waktu singkat. semuanya meleleh, mulai dari besi hingga manusia.IMG_1148 IMG_1147

jika di perhatikan di atomic dome, maupun di patung patung di hiroshima banyak sekali kertas warna warni yang kalo di lihat dari dekat bentuknya ada burung burung jepang. ini awal mulanya adalah sadako sasaki yang terkena efek bom atom, jadi kena penyakit leukimia. menurut kepercayaan warga jepang, siapa pun yang bisa melipat burung (origami) jepang sebanyak 1000 buah, apapun keinginannya bakalan terkabul. sayangnya baru selesai 644 sadako keburu meninggal dunia. setelah teman teman nya menggenapi 1000 origami burung, sadako di kuburkan bersama burung burung tersebut. nah, berawal dari situlah burung burung origami di hiroshima ini jadi lambang perdamaian.

IMG_1141 IMG_2758_2IMG_1146di pojokan museum yang bertingkat tiga ini juga tertulis kalo buku buku sejarah di seluruh dunia menyalahkan jepang. (termasuk diantaranya buku PSPB Indonesia). jepang ngga mau di salahkan, toh mereka juga mengalami kerugian yang sangat hebat efek dari bom atom ini.

IMG_1174 IMG_4924selesai bersedih sedih di museum, kita ke hiroshima station untuk melanjutkan ke miyajima menggunakan JR pass. sebenere ke arah miyajima ini bisa di akses menggunakan tram. tapi kita mikir waktu aja, maklum kalo tram kan berhenti di setiap station jadi ya udah pasti butuh waktu. turun di miyajima station perjalanan di lanjutkan menggunakan ferry. yang punya JR rail pass bisa dipergunakan juga untuk naik ferry nya. jadi irit! sayangnya kita terlalu cepat memutuskan kalo JR pass itu ngga bisa di pake untuk naik ferry jadi udah kadung beli ticket ferry return Y300. dengan hanya jarak tempuh 15 menit kita sudah sampai di pulau miyajima.

IMG_1176 yang terkenal di miyajima tentunya floating tori gate. beruntung kita datangnya pas low tide, jadinya bisa turun ke laut dan memegang tori nya. sekaligus ikutan melempar koin. ntah apa gunanya, yang penting ikutan aja. di miyajima ini yang terkenal adalah symbol nya sendok nasi. ngga ngerti juga apa maksudnya, karena di shrine maupun di temple banyak symbol sendok nasi ini di pajang. nama shrine nya itshukusima shrine tempat floating tori ini berada.

IMG_2645_2IMG_2622_2satu lagi kalo ke miyajima hati hati dengan barang bawaan ya, mulai dari peta sampek tas kresek yang di pegang, apalagi kalo isinya makanan, bisa rebutan dengan rusa rusa yang keliaran bebas disitu. mereka jinak, tapi kalo sekalinya di kasi makan, bakalan ngintilin mulu, mengendus dan menggigit tas kita. jadi ya ati ati aja. jangan lupa cobain jajanan di miyajima. enak enak semuanya. semua muanya. tapi jangan makan berat disini, harganya mirip mirip di tokyo, kalo jajanan boleh lah🙂

foto foto flickr bisa di click

IMG_1183 IMG_1164 IMG_1162

2 thoughts on “day 12 – hiroshima museum, miyajima

  1. February nanti itin ke Hiroshima mirip nih dimulai dari museum lanjut ke Miyajima. Setengah hari cukup kynya..February lgi winter sore dikit pastinya sudah dingin banget. Sendok nasinya itu sesyuatu misteri banget hehehe..nice photos! besar jernih dan bening fotonya, suka baca blog yang fotonya kayak gini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s