IMG_1346

day 13 – museum studio ghibli

perjalanan dari hiroshima ke tokyo di tempuh hampir 5 jam menggunakan shinkansen. sempet stop over di shin kobe sejam. ya bisa photo photo sebentar di station nya dan belanja makanan. sebenere kobe masuk di itinerary, namun karena waktu yang terlalu mepet jadinya kita coret. nanti deh kalo balik lagi ke jepang kita sambangi kobe. sepertinya kotanya menyenangkan🙂. kita ngambil shinkansen jam 8, sampai di tokyo jam 1. langsung berpencar, karena hari ini ngga ada itinerary alias free jadinya ada yang mau ngubek titipan, pergi ke asakusa, ada yang belanja di uniqlo dan GU, sementara gw? ke studio ghibli!

IMG_1299ngga pake check in di hostel dulu karena waktunya terlalu mepet, jadi tas backpack di titip di tokyo station yang maha besar dan ruwet itu. sampek di photo lokasi lockernya, dan di catat di mana tempatnya. antara area line berapa dengan apa. daripada nanti pas baliknya muter muter kesasar, secara tokyo station itu berlayer layer dan super sibuk. cukup 1 locker aja dengan bea Y600 kita melenggang menuju mitaka. the power of JR rail pass kembali di gunakan. jadi gratis!

tokyo station ke mitaka itu jarak tempuhnya 30 menitan dengan kereta JR. sampai di mitaka langsung tertulis ke arah studio ghibli di papan pengumuman. bahkan di kantor JR nya ada boneka totoro. yup, mitaka bener bener memperdayakan studio ghibli sebagai icon nya. dimana mana totoro. di bus station menuju studio ghibli sudah ada logo museum dengan bentuk totoro tentunya. langsung girang dan deg deg an. bea naik busnya return Y300 sekali jalan Y200. bisa menggunakan suica card tapi hanya berlaku oneway aja.

IMG_1290IMG_1287bus ke arah studio ghibli ini ada di line no 8 dan warna nya jreng kuning dengan tulisan ghibli. jadi gampang banget di kenali lah. waktu tunggu nya cuman 10 menit aja kok ngga lama. sebenere kalo mau jalan kaki sembari liat liat pemandangan mitaka bisa juga, tapi karena waktu yang mepet dan males kesasar mendingan naik bus aja deh. nyampe di studio ghibli di sambut boneka totoro life size lagi nungguin loket tiket. uwooooooh!!!!

rasanya lebih menyenangkan ke studio ghibli di banding ke disneyland! langsung cengar cengir, selama ini yang ngeliat di pilem pilem aja bisa liat langsung. harga tiket masuk ke studio ghibli ini Y1000. mahal? well mahalnya karena harga tiket ini untuk menonton film didalem museum. kita blum boleh masuk ke dalam karena sekedulnya jam 4 sore. oh iya, untuk beli ticket masuk ke museum ini hanya di jual di lawson. dan belilah jauh jauh hari. 2 minggu sebelumnya lebih baik. bukan apa apa, peminat masuk ke museum ini tinggi banget. setiap hari hanya ada 3 session. jam 10, jam 1 dan jam 4. kita aja mencet mencet hari ternyata yang lowong jam 4 sore. hindari weekend. ada bagusnya juga di batasin gini masuk ke museum. dengan harapan kita juga nyaman di dalem museum ngga desak desakan.

IMG_1292tepat jam 4 di persilakan masuk. sempet motret sekejap eh di bilangin ngga boleh motret di dalem area museum. sebenere gw dah tau sih baca dari berbagai review, gw cuman motret boneka totoro yang ada di lobby  nya aja kok mbak😀. ada alasan khusus kenapa ngga boleh motret di dalem, ya kudu ngerasain sendiri masuk kedalam museum yang penuh kejutan. tiket masuk museum nya bentuknya roll film. dari tiketnya aja udah gokil gini.

IMG_1308museum ini terdiri dari 3 lantai, lantai 1 isinya gimana proses sebuah film animasi studio ghibli. dijamin bakalan nganga n0nton proses nya. serius ngga bisa di gambarkan dengan kata kata, meskipun semua tulisannya isinya jepang (ngga ada satupun keterangan dengan bahasa inggris) tetep aja kita bisa ngikutin dan tau gimana proses nya ini. secara ajaib mata tersihir secara sempurna oleh ghibli. gimana totoro bisa terbang dengan payungnya, atau lumpat lumpat. aaaakkk.

selesai nonton proses animasi, langsung mengantri di theatre buat nonton pilem. hari itu pilemnya tentang keluarga neko bus. belum pernah nonton film studio ghibli di bioskop jadinya seneng banget nget nget. ngga ada text bahasa inggrisnya, ngga masalah, tetep animasi ghibli itu universal, jadinya ya kita menonton nya bisa ngerti jalan ceritanya dan cengar cengir sepanjang film yang durasinya 15 menit

lantai 2 isinya ruang kerja hayao miyazaki, gimana hasil gambarnya dia, hasil hasil coretannya dia, dan buku buku nya dia. proses gambarnya dia dari berbagai film, ide ide nya dia. semuanya ada disini. this is like you entering his brain. heaven!

IMG_1315lantai 3 ada neko bus dan souvenir! uedan ramenyaaaaaaaa, mahal mahal emang souvenirnya, tapi ini kesempatan buat belanja originale ghibli stuff. mulai dari kaos, boneka, gantungan kunci, roll film, dvd film, dan banyak lagi. gw sempet khilaf dan kalap. ngga seheboh ini pas di disney. giliran disini langsung panic buying. tercatat gantungan kunci, magnet, boneka, dan hiasan meja laputa di boyong pulang.

rooftop museum terdapat patung laputa life size. jangan kuatir, disini boleh foto, asal antri tertib. ngga rebutan juga. museum ghibli ini banyak ruangan ruangan aneh, mulai dari pintu mungil, sampek pintu yang di buka ternyata isinya tembok doangan, sampek tangga muter muter. kalo kelaperan ada tempat makan juga disini, tempat cuci tangannya si kucing kiky delivery service.

IMG_1310apakah hanya penggemar film film ghibli saja yang bisa menikmati museum ini? engga, semua lapisan tua muda mau kenal film film ghibli atau engga bakalan seneng ke museum ini, meskipun minim petunjuk dalam bahasa inggris masih bisa menikmati kok. rasanya ngga pengen pulang, mau sampai museum tutup jam 6 sore.😀 yang ada temen gw mendelik karena ngga mau balik lagi ke tokyo nungguin museum tutup.

gw pasti kembali ke museum ini, meng-explor, atau hanya duduk diam bengong di dalem museum nya😀

foto foto flickr di click

IMG_1346

6 thoughts on “day 13 – museum studio ghibli

  1. info harga souvenirnya boleh dong.
    takut khilaf tapi duitnya ga cukup T___T
    sama kalau belanja souvenirnya pake cc bs ga ya?
    terima kasih banyaaakk

    1. Waduh lupa harganya berapa. Yg pasti buat boneka sekitar ¥1000an keatas. Cari yg aneh aja misal robot laputa, atau no face, tempel am kulkas totoro yg kecil banget. Ya tapi emang semua mau dibeli sik ya hahhha. Bisa pake kertu kredit kok jangan kuatir

  2. Hallo, boleh tahu stasiun mitaka itu aslinya dimana ya? Saya coba cari di peta dan apps japan train kok ga ketemu. Bulan mei ini rencana saya akan kesana. Untuk ticket apa bisa beli on the spot?

    Thank you

    1. Halo, mitaka station itu naik dari tokyo station- Pake Chuo Line kereta JR. Sekitar 20 menit gak turun turun.
      Tiket ghibli ngga bisa dibeli onthe spot. Saran aku, pas mendarat di Jepang langsung ke lawson cari mesin tiket dan beli disana. Murah kok cuman ¥1000. Dan sehari dibatasi pengunjung museum biar nyaman, jadi sungguh sungguh kudu berusaha nyari tiketnya, sabar aja, coba tiap hari dan tiap jam. 😜 semoga dapet ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s