IMG_1109

hostel hostel

yang paling seru dari traveling backpacking adalah hostelnya. selain sekamar dormitori bisa kumpul rame rame dengan manusia berbagai belahan dunia, bisa nongkrong bareng di common room atau di kitchen, keseruan lain nya tentu kamar nya. yang paling umum bentuknya bunk bed. alias ranjang susun. kalo udah begini biasanya gw yang selalu dapet posisi tidur di bagian atas. ada enaknya ada engga nya. enaknya ? kalo ada yang beberes kita ngga keganggu sama sekali. ngga enaknya? kita kalo mau beberes di ranjang ya agak susah, udah gitu kalo mau ngebenahin kasur pasti ada acara kejedot eternit, belum lagi kalo udah ngantuk kudu berusaha sekuat tenaga manjat ranjang, dan kalo bangun tidur kudu bener bener melek, atau pilihannya kepleset dari tangga ranjang.

mumpung di jepang, banyak banget aneka model hostel. yang paling ngetop ya capsul hotel. ada namanya 9hrs hostel di kyoto. ini bener bener konsepnya kapsul, hanya tidur aja kegiatannya dan hanya bisa tinggal 9 jam sehari nya. pas buat komuter, ngga salah juga buat di cobain. rencananya kita pengen tidur nyobain di capsul hotel 9hrs ini, tapi ya karena takut di ruang sempit bak peti mati- itu alasan pertama yang kedua alesannya karena mahal. satu orang sekitar 600ribu untuk 9 jam saja.

IMG_1136 IMG_1108 IMG_1109di hiroshima kita tidur di j hoppers dengan kamar tatami atau yaa mirip ryokan lah. intinya tidur di bawah. kasurnya ya dari busa, bed cover, sprei 2 lembar, selimut, dan bantal. urutan nya kudu begitu kalo mau ngebuat tempat tidur. sama aja intinya dengan tidur di lantai macam biasanya kita di indonesia kalo lagi ada sodara dateng ke rumah kan? ya mirip di pilem pilem deh. yang ngga kuat sebenere dingin nya itu karena tidurnya di bawah jadi pas deket banget dengan jalan udara pintu di bawah. sriwing sriwing kalo pagi hari.

IMG_1323 IMG_1358yang paling seru hostel di khaosan tokyo ninja. kita milih kamar yang bentuknya cabin bed. jadi mirip capsul tapi versi KW dan ini aseli bentuknya kotakan gitu aja dari tripleks tebal komplit dengan pintu sliding dan gembok. bisa di bayangkan berisiknya macem mana kalo kita ngebalikin badan. memang agak sumpek untungnya di setiap cabin ada jendela kecil diatasnya jadi ngga terlalu pengap banget.

sayangnya ada pengalaman ngga ngenakin pas nginep di cabin bed ini, karena kamar mandi nya di dalem ruangan jadinya kalo ada yang mandi malem malem atau ngeringin rambut bakalan berisik kedengeran dengan jelas. apalagi kalo ada yang ngobrol, ya namanya bilik bilik gitu jadinya kedengeran jelas banget. agak bete juga jadinya. tapi ya resiko tinggal di dormitori gitu. ketemu aneka rupa manusia dengan berbagai kelakuan dan budaya yang berbeda. kudu berani negor atau sabar aja diem pasrah. itu aja pilihan nya.

jadi kalo ke jepang, cobain deh aneka hostel nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s