pandawa beach

touring bali beach

jadi ceritanya off 4 hari ngaburlah ke bali demi menghilangkan kebosanan dan kepenatan di site. ya sebenere ngga bosen bosen amat sik secara abis liburan lebaran juga. masih bau bau bulan syawal. cuman yang namanya libur colongan 4 hari sayang rasanya di sia sia kan dengan hanya bengong di barak atau cuman di mataram saja. berbekal keberanian dan keisengan super akut pergilah ke Bali. ngga ada rencana detail mau ngapain di bali pokoknya ngabur dari hutan.

trio lunch

setelah puas muter muter di hari pertama di mall mall sebagai pemuas window shopping, di putuskan hari kedua keliling nyari sunset. sebelumnya siang hari makan di segara, salad, sate ikan lilit dan mojitos buat menemani siang yang sungguh lah panas ini. gw memang suka di segara karena lokasi nya yang gampang di jangkau (discovery mall) dan satu lagi view nya memandang pantai plus di bawahnya ocean27. kadang siang hari terdengar dentuman beach house, lumayan joged colongan siang siang.

buat catetan kalo mau nyunset modal di awal adalah the bali bible app, ini app penting pisan buat yang demen nongkrong karena list cafe dan restaurant nya bisa di pertanggung jawab kan enak. beach trip nya juga ada biar ngga bingung mau ke pantai mana. dan sewa lah mobil beserta supir. biar aman, nyaman dan tinggal bilang aja ke bapak drivernya mau pergi kemana dan kemana. gak perlu mikir macet dan kita juga bisa istirahat tidur kalo perjalananya jauh.

egg bennedictgrocer and grind
brekkie disini buat nyobain egg benedict dengan minum decaf coffee long black. hampir 80% yang dateng londo semuanya. tempatnya emang enak dan nyaman. gw demen pisan disini. agak jauh emang di area seminyak, di pojokan deket seminyak square. semua supir taksi blue bird tau kok. nih tempat emang happening buat brekkie.

sunset at la plancha
la plancha
lokasinya di pantai double six, akses kesini paling gampang adalah naik taksi, turun di cocoon atau bilang aja pantai 66. dari situ tanya deh ama tukang parkir arah ke la plancha. semuanya juga tau kok, ngga usah kecentilan macam saya pake google map berasa di luar negeri yang udah jelas arahnya, yang ada malah kesasar :p. tips standard kalo mau nyanset, atau sansetan, atau melihat matahari tenggelam di bali adalah datang sekitar jam 3 atau jam 4 sore buat mencari tempat duduk. pas nyampe jam 4 sore suasana di la plancha udah rame banget. bean bag di tata rapi udah penuh. bersyukur ada bean bag cadangan yang masih ada di simpen. langsung deh ngesyot ngedeprok di pantai. sebenere la plancha ini ngga sendirian, di kanan kiri nya banyak tempat yang mirip. ngga tahu kenapa la plancha yang paling laris. faktor dari mulut ke mulut mungkin? atau memang makanannya yang enak? sore itu gw mesan la plancha long beach drink seharga 125K, mojitos 80K dan potato with mayo 40K. harga standard untuk sebuah lokasi dan view sunset yang sangat menawan. serius gw sih suka ama la plancha. lagu lagu nya enak enak buat sore sore, suasana nya yang rame tapi gak crowded. buat leyeh leyeh di pantai enak lah. gw gak nyicipin makanan beratnya tapi ya maklum namanya juga cuman sansetan sore sore.

pandawa beach

pandawa beach
sudah masuk di daerah gianyar nih pantai. membelah bukit kapur, jadi perjalanannya lumayan fantastis memasuki pantai. biasa lah, selama ini kalo mau ke pantai perjalanan cuman gitu gitu aja sekarang kok ya keren, bukitnya di belah. berhubung ini pantai masih belum banyak yang tau jadi kondisinya masih bersih banget dan sepi. jalanan menuju pantainya juga terpahat lima patung pandawa dengan ukuran yang maha dahsyat. mereka langsung ukir di bukitnya. jadi ngga perlu pake alat berat, cukup di pahat langsung di bukitnya. penjual makanan juga belum banyak. tapi day bed sudah tersedia lumayan banyak. siang itu kita cuman bertemu sekeluarga india yang main main di pantai. bisa main kano juga kalo ombak nya mengijinkan.

finn's beach bar
finn’s beach bar
letaknya di ungasan bali. tepatnya di samping karma kandara. finn’s beach bar ini private beach kepunyaan semara luxury villa. jadi jangan harap bisa lenggang kangkung buat masuk nongkrong disini. harus rela ngeluarin voucher makan dan minum Rp250,000/orang. mahal ya? iya, tapi kepuasan, kebersihan dan privacy nya enak pisan. karena mahal itulah jadi nya yang dateng juga kebanyakan londo londo. local tourist nya siang itu kayanya cuman 5% aja. buka mulai dari jam 10 pagi sampek jam 10 malem. gw sampek situ jam 11 siang day bed nya udah penuh dong. HADEEEEEE… kebanyakan tamu villa yang udah reserved. untuk menuju pantainya kita kudu naik semacam lift jadi ngga perlu naik turun tangga kecapekan.

finns beach bar
ya sudah sembari menunggu low tide biar bisa di buatin sun bed gw nongkrong lah dulu di bar nya. minum white sangria jug dengan kerusakan Rp335,000. tepat jam 12:30 sun bed pun di gelar. lumayan lah akhirnya bisa selonjoran di pantai pake payung. enak pisaaaan. angin nya kenceng jadi ngga berasa panas. berhubung udah bayar jadi mau guling gulingan dan mau bengong bahkan tidur disitu pun ngga ada yang ngelarang. camilan sembari menunggu makan siang adalah spicy potato wedges.

finn's beach bar
makan siang gw memilih spageti aja yang gampang dan juice nenas biar seger. ngga mau makan dan minum yang aneh aneh lagi. tau sendirilah namanya di villa atau hotel kan kena charge 21% bukan 10 atau 15% lagi pajaknya. jadi bisa di bayangkan berapa habisnya buat nongkrong di finn’s bar. tapi jujur gw suka pisan ama finn’s bar ini. sebenere yang ngetop pertama kali adalah karma kandara, tempatnya ada di sebelah finn’s tapi katanya juga makanan nya lebih enak di finn’s. mungkin kali lain bakalan nyobain ke karma kandara biar berimbang🙂

padang padang beach
padang padang beach
pantai ini terkenal setelah julia robert shooting eat pray love disini. di kalangan surfer pantai ini juga sangat terkenal. proses masuk ke pantai nya yang seru, kudu miring miring menembus bukit atau batu yang sempit. hebatnya lagi surfer surfer itu bisa aja manggul papan nya melewati jalanan sempit. setelah dari finn’s yang sepi dan santai sesampainya di padang padang oalah mak… rameee bangeud. pantainya kecil aja banyak batu karang besar. tapi banyak kali manusia bergelimpangan dan anak anak jejeritan lari larian gembira ria. yah namanya juga di pantai siapa sik yang ngga seneng. langsung kaget gw. pemandangan nya njomplang pisan dengan di finn’s. ngga pake lama pun gw cuman motret sana sini bentar dan langsung cabut lagi. mungkin karena terlalu rame jadinya ngga nyaman buat santai atau sekedar leyeh leyeh disini. padahal ya bukan liburan juga.

suluban beach
suluban beach
sebenere ini ngga ada di catetan perjalanan, malah tadinya mau ke el kabron tapi ya jalanan ke el kabron di tutup. ngga ngerti kenapa, mungkin karena persaingan dengan klapa bali? ntahlah. agak nyesek juga ngga bisa ke el kabron. ama pak supir kita disuruh ke suluban beach. view nya bagus dari atas ke laut lepas. suluban ini andelan para surfer juga. dan view pas surut emang bagus ini pantai buat nongkrong di warung warung di atas bukit melihat laut lepas. kita juga bisa turun ke bawah (hati hati tangga nya super extreme ngga pake pegangan tangan) buat duduk duduk di karang karang. suluban ini juga ngga terlalu rame pantainya. mungkin karena harus melalui tangga terjal dan lokasinya yang diatas bukit jadi bikin orang males kemari.

molecular calcium
hypnotised beachwalk
capek juga seharian keliling pantai, tadinya sempet kepikiran mau ke the rock bar di ayana resort buat penutup nya namun udah bisa di pastikan sabtu sore itu rame nya macam ngga jelas cuman mau menikmati sunset aja. jadilah ke hypnotised mau makan malem dan minum atau snacking molecular calcium martini. bentuknya mirip klepon atau wedang ronde, namun kalo di makan di dalemnya isinya martini! harga Rp 150,000 buat sekedar nyoba boleh lah. ngga bakalan bikin mabok kok. proses pembuatan molecular ini pun di depan kita jadi kita ngerti gimana caranya.

buat yang pengen liat foto fotonya bisa click disini. Thank you Bali, kapan kapan kita explor pantai yang lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s