u(t)ang

uang bisa bikin orang senang tiada kepalang uang bikin mabuk kepayang…..

begitu kata neng Nicky Astria soal uang. tapi sekarang ngga mau cerita soal uang, tapi ketambahan huruf T alias utang. berawal dari seorang teman yang sudah lama banget ngga berjumpa, belasan tahun, ntah berapa tepatnya. Tentunya seneng banget udah lama ngga ketemuan, dulu kita adalah temen satu kelas kursus bahasa inggris, tapi sangking akrabnya, satu kelas bisa jalan bareng, piknik bareng, dan nongkrong bareng.

selang beberapa bulan setelah perjumpaan itu mendadak dia kirim sms untuk meminjam uang dengan kata kata manis untuk usaha dan akan dikembalikan dalam waktu dua minggu. tentunya dengan bumbu-bumbu manis menyertainya. jujur ngga ada kepikiran buat menuai bunga atau apapun, murni cuma pengen ngebantuin dia yang katanya memang lagi kesusahan. berapa yang mau dipinjem? sekitar 40juta. lha? duwit darimana sebanyak itu? apa yakin dia mau ngebalikin tepat waktu? karena cuman punya setengahnya dikantong ya cuman bisa minjemin setengahnya lah. jungkir balik pergi ke ATM terdekat (iya diriku masih konvensional ngga seperti keliyan yang sudah pake sms banking atau internet banking). ucapan terima kasih mengalir melalui sms. Dihati ini juga merasa senang sudah bisa bantuin temen, meski cuman setengahnya.

selang waktu berlalu dua minggu lewat sudah, dia berkabar kalo ngga bisa ngebalikin tepat waktu karena masih ada masalah keuangannya. oke ngga ada masalah yang penting dia bilang. kemudian sebulan, dua bulan, tiga bulan, tak ada kabar, dikirimin text ngga dijawab. Yang paling parah disaat aku dipulangkan karena kerjaan, gaji dipotong dan beneran butuh uang, dia malah menghilang kemana pun tak ada kabar. emosi sudah membuncah, kenapa juga mesti gw dibohongi. sebenere kalo dia tetep ngubungin gw, atau sekedar nyicil balikin sejuta sebulan gw masih mau nerima lah. ini kok ya malah ngilang begitu saja.

gw coba ngubungin pacarnya yang ada malah pacarnya nangis nangis katanya si peminjam utang ini mau bunuh diri lah, stress lah. dalam hati gw yang paling dalam malah nyukurin sekalian aja matik, yang ada malah si pacar mau pinjem duwit gw juga. ini pasangan udah gila atau otaknya koplak.

utangutang 2mendadak bulan november ini dia kirim sms minta maaf dan ngebalikin duwit, sebelum ulang tahun gw. kenyataannya? nol besar. gw akuin dia punya nyali buat kirim sms gw. tapi ya tetep aja janji janji palsu. gw jawab gak usahlah ngasih janji-jani daripada bikin dosa. sangking keselnya. dimana dirimu disaat gw butuh duwit itu buat menyambung idup? dimana dirimu saat gw sms kemaren? ha?

Karena utang bisa mengantarkan seseorang ke surga, dan sebaliknya juga menjerumuskan seseorang ke neraka. gw dah memberi keleluasaan membayarnya namun dirimu ngga ada itikat baik sama sekali, iklaskah diriku? engga, sampek mati di akhirat akan aku kejar hutang itu. gw dah bae bae nangih utang sampek gw sendiri malu, iya… malu nagih uang sendiri, padahal itu demi kebaikan dirimu juga.

“Barangsiapa yang ruhnya terpisah dari jasadnya dan dia terbebas dari tiga hal: [1] sombong, [2] ghulul (khianat), dan [3] hutang, maka dia akan masuk surga”. (HR. Ibnu Majah no. 2412)

bayar utang mu ya Don.

Leave a Reply

