taroko gorge

taiwan day three

hari ini sesuai dengan itinerary mau pergi ke Taroko Gorge, diawal cerita pas bikin itinerary agak agak sangsi dengan taroko gorge ini, akrena maklum lah cewe cewe itu kudu diyakinkan dulu kalo taroko ini bagus banget. masa ya ke taiwan cuman di kota kota aja ngga mampir ke desa atau ke gunung. karena memang pemandangan taroko ini bagus banget, konon ini salah satu finalist seven wonders asia. bener ngga nya ngga tahu juga. akses kemari juga ngga masih agak susah buat turis mandiri macam kita yang ngga ngerti bahasa mandarin. tapi atas nama jalan-jalan marilah kita menuju taroko.

WP collage menggunakan kereta paling pagi ke hualien, bergegas menuju stasiun utama di deket taipei main station. ini kereta beneran ya bukan MRT, jadi agak agak old school macam kereta ekonomi di indonesia. perjalanan panjang ditebus dengan pemandangan cantik gunung dan lembah. gak capek lah.

ketegangan dimulai sesampai di hualien, karena dari semua web yang kita baca dan di explore sedikit banget keterangan mengenai perjalanan menuju taroko gorge ini. berbekal tanya sana sini ada tourist centre di stasiun kereta hualien, langsung disuruh naik bus turis ke taroko. ini semacam bus umum, jadi keliling liling kota hualien dulu. perjalanan sejam menuju taroko. ngga heran banyak yang menyarankan kalo mau ke taroko kudu nginep di hualien atau setidaknya pake tour, karena transportnya agak agak PR. nyampe di Taroko jadinya menjelang siang jam 11.00
WP collage bus turis ini hop on hop off, jadi seharian cukup dengan satu karcis aja. kalo lebih fleksible bisa turun di taroko head office dan sewa motor, jadi bisa keliling liling dengan sempurna. berhubung yang bisa bawa motor cuman dua orang jadilah kita naik bus dan mengandalkan kekuatan kaki aja.

pemandangan taroko gorge itu sumpah matek indah pisan. kita berjalan ditengah tengah lembah, bahkan ada pagoda dan kuil ditengah tengah lembah ini. ngga enaknya karena bus umum turis yang segede gede gaban itu boleh masuk jadi kita pas jalan kaki agak agak terganggu dengan bau asep solar. ya mau gimana lagi.

kelar jalan kaki dan waktu juga sudah menunjukan pukul 3 sore kita beringsut balik ke taipei lagi, kok ya pas nyampe stasoiun hualien kereta jam 5 penuh, adanya jam 6 sore itupun kita duduk pisah pisah, ya wis lah daripada berdiri ngga lucu juga, secara perjalanan jauh. nyampe taipei main station sudah menunjukan pukul 6 malem. selanjutnya tentu makan malem di night market!
WP collage ning xia night market ini kecil, ngga terlalu gede semacam shilin. tapi sungguh nyaman, karena semuanya jualan makanan dan ada tempat duduknya, jadi kalo mau pesen makanan bisa makan ditempat sambil duduk, ngga pusing dengan banyaknya manusia. aneka makanan yang aneh aneh ada disini, sempet nyobain mochi yang masih fresh dibikin ditempat dan langsung digulung dibumbu kacang. aih sedap! pokoknya tips kalo jalan ke night market sediakan ruang kosong di perut. karena pasti pengen coba ini dan itu

foto foto bisa dilihat disini https://www.flickr.com/photos/o2zone/sets/72157649731989486/

One thought on “taiwan day three

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s