filterplant

filter plant

Pas meeting hari selasa, salah satu rekan kerja mendadak ada tugas kudu ke filter plant buat check check kerjaan. Mumpung lah. Secara gw sendiri blum pernah jalan jalan ke filter plant. Mintalah ikutan nemenin kesana. Ternyata banyak yg mau ikutan. Selama ini kita cuman bolak balik ke pit aja. Jarang pisan (blum pernah) masuk ke filter plant.
filterplant inspection - 27

Filter plant ini tempat dimana proses ore (hasil tambang) diolah dan disaring biar bisa dipisahkan antara metal yg gak kepake dan yg berguna. Jadi nanti hasilnya berbentuk concentrate yg siap untuk dijual.

Syarat masuk ke filter plant tentunya menggunakan safety equipment. Diantaranya sepatu – steel toe, kacamata, helm dan yang paling penting earplugs. Agak agak bersyukur juga kerja di kantoran ngga perlu di pabrik macam filter plant ini. Selain serem karena barangnya gede gede, polusi suara nya juga juara. Sekarang sih mungkin bisa kebantu dengan earplugs. Cuman nanti efek lama-kelamaan nya itu bisa aja bikin rada tuli.

Proses filter plant ini sebenere hanya 10 menit untuk menyaring hasil ore. Tapi 10 menit ini menghasilkan 1.2ton, lumayan ya. Lapisan lapisan filter inilah yg sering rusak dan rutin kudu diganti. Nantinya concentrate ini dialirkan melalui conveyor belt ke kapal kapal concentrate yang datang sebulan sekali. kalo mau liat prosesnya check link ini https://www.flickr.com/apps/video/stewart.swf )
It's goldJadi yang kita jual ini bentuknya concentrate atau bubuk. Yang nantinya ama customer diolah lagi. Ntah dibuat kabel, cd, atau alat elektronik lain. Jepang market terbesar kita.  Jadi kita ndak jualan ore atau batu-batuan ya. Tolong dicatat.
Benete bay Kelar ngubek-ngubek filter plant, tujuan berikut nya tentunya foto foto. Pemandangan Benete Bay memang cantik. Dapet pelabuhan, kapal dan pantai nya juga bersih pisan. Enak buat nongkrong sore. Coba disini disediakan kursi kursi buat syantai dan ngopi, pasti rame. (kemudian berasa di bali).
filterplant inspection - 32 Benete Bay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s