iPhone

(drama) iCloud photo library iOS 8.3

hari minggu ini disibukan dengan iCloud photo library! huuffffttt… jadi ceritanya iOS 8.3 udah mendukung iCloud photo library dan terkoneksi dengan Photos di Mac. ya ok lah. setidaknya ngga cuman photo stream sekarang, semuanya bisa auto save ke Cloud. gitu teorinya ya. kebetulan gw juga udah langganan iCloud storage, ambil yang paling murah cuman 12rb saja buat 20GB.

Drama dimulai saat update over the air, mendadak ntah kenapa iPhone 6 nya ngadat tepat jam 12 malem. pret lah… panik dong. langsung mata ini ngga ngantuk badan jadi segar bugar berusaha bagaimana caranya biar bisa kepake lagi. segala macem teori udah dilakoni, mulai dari pencet home screen lama, sampek hard reset dengan home button+ power tetep ngga mau ngangkat juga. ya sudahlah memang harus download manual colok iTunes. Kalo internetnya cepat koneksinya si ngga pake deg deg an nunggunya, ini udah update file nya 1GB lebih, koneksi jepruts, baru kelar download jam 6 pagi dari jam 12 malem. #meh… lalu apakah sampai disitu saja? engga.
Error
pas udah mau update dan restore, lha kok error 56! APELAGI SIK!… 2x pencet update tetep error 56. penderitaan kaga kelar kelar. udah kebayang bakalan ke Perth ketemuan ama mas mas di genius bar. soale ada yang bilang di web itu hardware problem. yasalam. terus mencari dan terus mencari lewat google dan forum Apple, ternyata solusinya gampang, cukup cabut sim card waktu update. ternyata error 56 itu sim card activation error.

senang bisa juga iOS 8.3. main main lah pas buka Photos, jreeeeeng lha kok semua photo lama muncul kembali dari tahun 2012. matik lah buanyak banget. semacam membuka kenangan masa silam yang sudah dikubur dan aib yang sudah ditutup rapat rapat. apadeh…. tiap kali pencet delete, trus bersihin recently delete folder, masih terus aja nongol, beraneka foto. kayanya kok ngga abis abis. ini gimanaaaaaaa.

buka Photos app di Mac ngga nolong juga. ngehapus di Mac ngga ngilangin di iPhone atau iPad. karena di Mac gw set download photos from iCloud. delete di iPad yang katanya terintegrasi dengan semuanya, teteplah ngga ilang di iPhone. antara panik dan sebel ini gimana caranya.
IPhone cloud
cobain kanan kiri dan baru inget, kita bisa akses iCloud dari komputer. betapa bodohnya akuuuh. langsung deh buka iCloud di komputer dan jreeeeeenggg…. banyak banget photo terupload disana, mulai dari yang bodor, photo piknik, sampek skrin sut ndak jelas. ya wis bersih bersih lah judulnya. biar kapasitas iCloud storage kembali banyak. ngehapusnya gampang tapi karena koneksi internet yang sungguh mengharukan, jadi kadang kita udah delete tapi ngga terdelete, mbuh karena apa. jadi kudu bolak balik reload dan check ulang photo mana yang harus di hapus. nah pengen permanetly delete dong di iCloud, eh ngga bisa lah itu ngapus permanent via web karena ngga ada pilihan delete forever, yang ada recover, ini apa apaan sik iCloud. jadinya buka dari iPhone, disana muncul 3000sekian photo di recently deleted folder. #meh.

intinya, buat yang internet nya lemot, mending ngga usahlah itu pake fasilitas iCloud photo dari Apple deh. malah jadi ribet sendiri

1. harus ngehapus photo via iCloud web, soale kalo via device lambat, balik lagi tergantung koneksi – ini gw ngomongin internet di hutan yang sungguhlah bikin marah.

2. ngga bisa langsung upload ke flickr itu kalo buka iCloud photo dari web, padahal enak tuh kalo bisa kaya gitu. jadi mendingan dari iPhone aja trus pake flickstackr app.

ya gitu deh, sekarang tinggal nungguin iPad dan iPhone syncing dengan iCloud photo library yang sudah bersih, karena photo photo yang sudah dihapus di web iCloud photo, masih manis terpampang di device, tapi pas check di setting, kapasitas iCloud udah balik lagi ke 17GB dari sebelumnya drop ke 9GB. ntah menunggu berapa tahun cahaya biar bisa sync.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s